Mantap, Ketahanan Pangan di Desa Negeri Agung, Hanya Dalam Hitungan Minggu Sudah Berkali-kali Panen

Mantap, Ketahanan Pangan di Desa Negeri Agung, Hanya Dalam Hitungan Minggu Sudah Berkali-kali Panen

Sistem Hidroponik ketahanan pangan desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat --

LAHATPOS.CO, Merapi barat  -  Dalam hitungan minggu sistem budidaya sayuran Hidroponik Desa Negeri Agung sudah berkali-kali panen bahkan sudah panen sebanyak 5 kali.

Hasil ini terungkap saat desa Negeri Agung di kunjungi tim Monitoring Evaluasi  (Monev) Dana Desa tahap 3 tahun 2023 Kecamatan Merapi barat di Desa Negeri Agung.

Kepala Desa Negeri Agung Ruslan SE melalui Sekretaris Desa Rika  mengungkapkan pembangunan desa Negeri Agung dengan Dana Desa Tahap 3 tahun 2023 dilaksanakan dengan ketahanan pangan sistem Hidroponik yang sudah berjakan dan alhamdulillah sudah menghasilkan" kata Rika saat dikunjungi tim Monitoring Evaluasi Dana Desa Kecamatan Merapi Barat, Jumat 19 Januari 2024.

Rika menerangkan bahwa dari penanaman awal sistem Hidroponik sekitar satu bulan lebih ketahanan pangan desa Negeri Agung dengan sistem Hidroponik ini sudah panen sebanyak 5 kali. Masing-masing yaitu sayuran Kangkung, Bayam, Pakcoi, Sai Cin, dan Selada"

Menurutnya hasil ini tentunya lebih cepat dibanding ditanam ditanah juga perawatannya lebih mudah dan tanpa pestisida sehingga lebih sehat dan lebih alami"

"Dan hasilnya yang selama ini sudah bisa di rasakan oleh ibu-ibu PKK Desa Negeri Agung dan bahkan bisa di jual kepada warga sekitar dan hasilnya di putarkan kembali untuk pembelian bibit"

Selain itu tambah Rika, untuk ketahanan pangan desa Negeri Agung ada juga penambahan untuk ketahanan yaitu penambahan sapi sebanyak 6 ekor"

"Yang lama 7 ekor ditambah yang baru  6 ekor sehingga total keseluruhan jumlah sapi desa Negeri Agung berjumlah 13 ekor"

Sementara Camat Merapi barat melalui Kasi Ekobang Gunawan SE yang hadir di desa Negeri Agung berharap agar setiap desa bisa melaksanakan kegiatan dengan Dana Desa sesuai dengan yang menjadi aturan sehingga bisa berjalan dengan baik.

Untuk Desa Negeri Agung dari hasil Monev Dana Desa tahap 3 rahun 2023 sudah terealisasi 100 persen dan selain itu kegiatan non fisik juga sudah terealisasi dengan baik seperti guru ngaji, KPM, Posyandu, guru Paud, pemetaan desa dan operasional desa" yang semua sudah terealisasi " ujarnya.

Hadir dalam Monitoring Evaluasi Kasi Ekobang Gunawan SE MM dan tim, Perangkat Desa Negeri Agung,  Bhabinkamtibmas,  Pendamping Desa, Dan Pendamping Lokal Desa  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: