Badan Pusat Statistik Sosialisasi Pendataan Potensi Desa, Rudi Thamrin: Data Valid dan Akurat Sangat Butuh

Badan Pusat Statistik Sosialisasi Pendataan Potensi Desa, Rudi Thamrin: Data Valid dan Akurat Sangat Butuh

Bersama: BPS bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta Camat, Lurah dan Kades mengikuti Sosialisasi Pendataan Potensi Desa (Podes), di Hotel Santika Lahat, Selasa (30/4/2024)-Foto: Amir/Lahatpos.co-

Lahatpos.co - Badan Pusat Statistik Lahat akan melaksanakan pendataan Potensi Desa (Podes) 2-31 Mei 2024 mendatang. Sebelumnya kegiatan sosialisasi Podes dilaksanakan dengan mengundang aparatur pemerintahan mulai daari Lurah, Kepala Desa, Capat serta Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait lainnya di Ballaroom Hotel Santika Lahat, Selasa (30/04/2024)

Turut hadir Pj Bupati Lahat Muhammad Faridz melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Rudi Thamrin.

Dirinya mengungkapkan data statistik merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembangunan. 

“Ya, dari data yang valid dan akurat sangat dibutuhkan sebagai dasar penyusunan perencanaan, pengambilan keputusan yang tepat, serta monitoring dan evaluasi kebijakan di seluruh aspek pemerintahan, tentunya,” ungkapnya, Selasa (30/4/2024).

Rudi berharap melalui BPS yang tidak bekerja sendiri, dibutuhkan sinergi dari seluruh elemen, perangkat, dan OPD sehingga data yang diberikan adalah data-data yang up to date dan akurat. Termasuk data-data di desa terkait penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem 

“Ayo kita dukung sinergi dalam menciptakan data yang dapat mendukung dalam perencanaan dilapangan, tentunya melalui data yang dihasilkan di lapangan jangan sampai menjadi polemik, terlebih terkait batas dan potensi desa masing-masing, sudah by name by address,” harapnya.

Sementara itu, kepala BPS Lahat, Muhammad Dedy menuturkan tujuan dari Pendataan Potensi Desa yaitu untuk menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa atau kelurahan yang meliputi sosial, ekonomi, sarana, dan prasarana wilayah.

“Ya, tentunya penyediaan data bagi keperluan updating klasifikasi atau tipologi desa sebagai, penyusunan berbagai analisis seperti identifikasi dan penentuan desa tertinggal, identifikasi desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis, serta lainnya,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan apresiasi kepada unsur Forkopimda, Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat yang selama ini telah menjalin kerjasama dan sinergi bersama BPS Kabupaten Lahat. Dimana dalam perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. 

“Data menjadi aktor penting dalam penentuan arah kebijakan. Mulai dari kebijakan pada level nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga level desa, terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh pihak, terlebih ini merupakan Komitmen BPS dalam pembangunan di Kabupaten Lahat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut memaparkan mengenai pelaksanaan kegiatan Podes yang disampaikan oleh ketua tim pendatataan Podes Agus Arliansyah dan Koordinator Cinta Statistik Nur Yanuar. (aim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: