puasa mui lahat

Tim Monev Kecamatan Kikim Selatan Tinjau Pembangunan di Desa Banuayu, Camat Sampaikan ini

Tim Monev Kecamatan Kikim Selatan Tinjau Pembangunan di Desa Banuayu, Camat Sampaikan ini

Camat Kikim Selatan Hermansyah SE memimpin Monev penggunakan dana desa tahap pertama tahun 2023 di Desa Banuayu.--

Lahat, Lahatpos.co - Upaya mengawasi dan pemantauan bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) di Desa Banuayu Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat telah merealisasikan Anggaran Dana Desa Tahap Pertama Tahun 2023, maka Tim Kecamatan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev).

Monev mulai dari hasil fisik maupun non fisik yang dikerjakan melalui Dana Desa tahap pertama di Desa Banuayu. 


Lampu Jalan Bertenaga Surya di Desa Banuayu.--

Camat Kikim Selatan Hermansyah SE mengatakan, dalam melakukan Monev akan melibatkan pendamping desa, pendamping teknis kabupaten, Babinsa, Babinkhamtibmas, dan BPD. 

Tim Monev akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi kegiatan fisik yang didanai Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (ADD).

BACA JUGA:Ada Limit Waktu Pengajuan Santunan Kematian Program Pemda Lahat

“’Kunjungan langsung tim monev ke lokasi kegiatan, bertujuan untuk melihat secara langsung guna memperoleh gambaran rill pelaksanaan kegiatan fisik. Hal ini untuk dijadikan bahan evaluasi kedepan, kajian, pembinaan dan tindak,’’ ujar Camat Kikim Selatan kepada lahatpos.co, Rabu, 24 Mei 2023.

Lanjutnya, selain melakukan monev, pihaknya juga akan memberikan saran dan masukan. Agar tetap menjaga kualitas dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB), tertib adminiatrasi dan melengkapi beberapa data pendukung. 

Camat berharap semua pekerjaan fisik di desa dikerjakan sesuai dengan RAB. Dengan ini ia mengharapkan pemerintah desa untuk dapat melaksanakan pengerjaan fisik DD sesuai dengan prosedur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pekerjaan proyek yang berasal dari dana desa berjalan sesuai prosedur dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadi jangan sampai nantinya menghabiskan dana desa puluhan juta tetapi fisiknya tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA:Susno Duadji Gabung PKB, Caleg DPR RI Sumsel 2

Sementara itu Kepala Desa Banuayu Safri mengatakan untuk pembangunan Dana Desa Tahap Pertama Tahun 2023, Desa Banuayu melakukan pembangunan fisik berupa pemasangan Lampu Jalan Bertenaga Surya di beberapa titik yang ada di Desa Banuayu.

“Bantuan tunai BLT sudah juga kita salurkan ke masyarakat, dan apa yang telah dibangun bisa bermanfaat bagi masyarakat desa," harapnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: