Dukung Pelaku Usaha Berbagai Industri, Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Lahat Perkuat Komitmen ini

Dukung Pelaku Usaha Berbagai Industri, Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Lahat Perkuat Komitmen ini

Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Pemerintah Kabupaten Lahat terus memperkuat komitmennya dalam mendukung para pelaku usaha dari berbagai industri, termasuk petani dan UMKM kopi di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan.-foto IST-lahatposco

Petani kopi Lahat, Yogi Kurniawan, bangun usaha dan bukakan lapangan pekerjaan lewat usaha 'Kopi Serambi'

Yogi Kurniawan adalah salah satu petani kopi di Lahat sekaligus pemilik usaha Kopi Serambi yang mulai menekuni bisnis kopi di tahun 2017. Berawal dengan mempelajari proses pascapanen biji kopi, Yogi berambisi untuk memperbaiki kualitas biji kopi di wilayah tempat tinggalnya (Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat).

Berlanjut dengan mengolah biji kopi, Yogi mulai menjual biji kopi kepada berbagai pemilik kedai kopi dan roastery. “Pada November 2019, saya membuka toko online Kopi Serambi di Tokopedia untuk menjawab permintaan pelanggan di berbagai kota di Indonesia. Ke depannya, saya juga ingin memanfaatkan ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok agar mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas,” jelas Yogi.

Melalui Tokopedia, Yogi banyak menjual green beans atau biji kopi mentah yang dibutuhkan oleh roastery-roastery untuk diolah menjadi kopi. Rata-rata pelanggan Yogi di Tokopedia adalah para pelaku usaha lainnya yang juga menjual produk kopi atau memiliki kedai kopi. Dengan memperoleh omzet jutaan rupiah di Tokopedia, Yogi juga bisa mendapatkan pelanggan dari luar daerah, seperti di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Usaha Kopi Serambi membawa berkah bagi Yogi karena bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarganya. Yogi juga bisa mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar untuk menjadi buruh lepas, misalnya sebagai penyortir biji kopi, ketika masa panen tiba. “Selain itu, saya juga sering membagikan informasi dan pemahaman kepada para petani kopi lokal untuk memperbaiki kualitas biji kopi yang ditanamnya sehingga mampu dijual dengan nilai yang lebih tinggi,” tambah Yogi.

Yogi membudidayakan serta menjual biji kopi robusta dan arabika yang memang di sekitar Kabupaten Lahat. “Misalnya, biji kopi robusta saya dapatkan dari kebun kopi di Lahat dan Pagar Alam, sementara biji kopi arabika dari Muara Enim dan Pagar Alam,” tutup Yogi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co