Dukung Pelaku Usaha Berbagai Industri, Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Lahat Perkuat Komitmen ini

Dukung Pelaku Usaha Berbagai Industri, Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Lahat Perkuat Komitmen ini

Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Pemerintah Kabupaten Lahat terus memperkuat komitmennya dalam mendukung para pelaku usaha dari berbagai industri, termasuk petani dan UMKM kopi di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan.-foto IST-lahatposco

Lahatpos.co - Sumatra Selatan, 25 Juli 2024 - Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Pemerintah Kabupaten Lahat terus memperkuat komitmennya dalam mendukung para pelaku usaha dari berbagai industri, termasuk petani dan UMKM kopi di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan.

Sejak bulan Juni 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) terus mengadakan 'Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi'. Program pelatihan ini meliputi kegiatan workshop dan pendampingan bagi 1.000 petani kopi lokal di Kabupaten Lahat demi membantu para petani kopi meningkatkan kualitas biji kopi sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, Vivi Anggraini, S.STP, M.Si, turut mengungkapkan, “Komoditas kopi di Kabupaten Lahat memiliki potensi yang luar biasa dan harus diperjuangkan, karena sejak lama Kabupaten Lahat merupakan salah satu dari empat daerah penghasil kopi terbesar di Sumatra Selatan. Pemerintah Kabupaten Lahat mengapresiasi langkah Tokopedia dan ShopTokopedia serta SCOPI dalam mendukung pengembangan potensi sektor kopi di Lahat. Kami berharap program pelatihan ini dapat membantu para petani kopi di Lahat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam budidaya kopi yang berkelanjutan sehingga biji kopi Lahat bisa mendapatkan panggung yang semakin luas di kancah nasional hingga global.”

Head of Communications E-commerce Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, menambahkan, “Tokopedia dan ShopTokopedia menyadari bahwa untuk mengembangkan digitalisasi perlu menjangkau pihak di bagian hulu, khususnya pada kopi sebagai komoditas yang memiliki performa baik di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Melalui pelatihan pascapanen dan peningkatan mutu biji kopi yang bekerja sama dengan SCOPI dan Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, kami berharap semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia.”

Di samping itu, komitmen Tokopedia dan ShopTokopedia untuk terus mendukung UMKM, termasuk di Lahat dan Sumsel, diwujudkan lewat berbagai inisiatif lainnya. Contohnya, berbagai materi edukasi soal pengembangan usaha bisa dipelajari para pelaku usaha secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.

Deretan inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia dorong petani kopi beserta dampaknya

Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye produk kopi lokal melalui beragam inisiatif, seperti Tokopedia Coffee Fest yang mengusung sejumlah pelaku usaha di industri kopi lokal dari berbagai daerah, Beli Lokal yang mempermudah masyarakat untuk belanja online produk dari brand lokal, dan Tokopedia NYAM! yang membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dari berbagai UMKM lokal di seluruh Indonesia, termasuk dari Kabupaten Lahat dan Sumatra Selatan.

Berkat kehadiran beragam inisiatif tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat berbagai temuan menarik seputar penjualan online berkaitan dengan produk kopi. “Selama semester I tahun 2024 dibandingkan dengan semester I tahun 2023, melalui berbagai inisiatif yang dihadirkan, Tokopedia mencatat beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi nilai transaksi terhadap produk kopi, yaitu Bengkulu, Sulawesi Barat dan Jambi, dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat,” ungkap Aditia.

Sedangkan di ShopTokopedia, beberapa daerah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi untuk produk kopi yaitu Jawa Timur, Bali dan Kepulauan Riau, dengan rata-rata kenaikan 4,5 kali lipat.

Kampanye Beli Lokal juga terbukti berdampak positif pada UMKM lokal. “Tokopedia mencatat kenaikan rata-rata penjualan sejumlah UMKM kopi mencapai lebih dari 11 kali lipat selama 3 bulan pertama bergabung di kampanye Beli Lokal pada periode Desember-Februari 2024 dibandingkan Desember-Februari 2023. Bahkan, biji kopi 50% arabika 50% robusta, biji kopi robusta Toraja Rantebua dan biji kopi arabika Gayo menjadi jenis biji kopi yang paling laris secara nasional lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama semester I 2024,” ujar Aditia.

Di sisi lain UMKM lokal kopi yang bergabung di kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, mengalami rata-rata kenaikan penjualan hampir 3 kali lipat, selama kampanye Beli Lokal berlangsung (12 Desember 2023-12 Juni 2024) dibandingkan sebelum kampanye tersebut berjalan (12 December 2022-12 June 2023).

Sementara itu, khususnya di Sumatra Selatan, lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, biji kopi arabika Malabar, biji kopi robusta Pagar Alam, dan kopi bubuk robusta Semendo jadi yang paling laris selama semester I 2024. Selain itu, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Empat Lawang, menjadi beberapa daerah di Sumatra Selatan yang mengalami kenaikan tertinggi dengan kenaikan rata-rata hingga 3 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

Sedangkan di ShopTokopedia khususnya di Sumatra Selatan, jumlah transaksi terhadap produk kopi mengalami kenaikan 3 kali lipat selama semster I 2024. Sedangkan jumlah penjual kopi yang ada di ShopTokopedia, khususnya di Sumatra Selatan, melonjak 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan dengan semester I 2023

“Melalui beragam inisiatif, upaya kolaborasi dengan berbagai pihak, dan pemanfaatan teknologi digital, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap dapat senantiasa mendukung para pelaku UMKM, termasuk industri kopi lokal, agar dapat menciptakan peluang dan memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia, termasuk para petani kopi,” ungkap Aditia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co