Dinas Perkebunan Salurkan Bantuan Sarana Perkebunan, ini Harapan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid

Dinas Perkebunan Salurkan Bantuan Sarana Perkebunan, ini Harapan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid

Dinas Perkebunan Salurkan Bantuan Sarana Perkebunan, ini Harapan Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat memberikan bantuan sarana dan prasarana komoditi perkebunan di bagi kelompok tani Penangkaran Ngudi Rahayu 2, Kelurahan Sari Bungamas, Lahat.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Lahat Adhitya Trinia Apriliani SSTP MSi, Sekretaris Daerah Lahat Chandra SH MM beserta Ketua DWP Lahat Ria Apriani Chandra dan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat Vivi Anggraini SSTP MSi, bertempat di Kelurahan Sari Bungamas.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat Vivi Anggraini SSTP MSi dalam laporanya menyampaikan, Dinas Perkebunan melalui program kegiatan penyediaan dan pengembangan sarana pertanian melaksanakan pemberian bantuan.

Bantuan berupa Pupuk Organik Cair (POC) tanaman kopi sebanyak 6.000 liter kepada 49 kelompok tani, Pupuk Organik Cair (POC) tanaman lada sebanyak 2.000 liter kepada 10 kelompok tani, Pupuk Organik Cair (POC) tanaman kelapa sawit sebanyak 5.000 liter kepada 50 kelompok tani.

Terpal sebanyak 7.000 lembar kepada 30 kelompok tani, Mesin Rumput sebanyak 300 unit kepada 20 kelompok tani, Gerobak Sorong sebanyak 380 unit kepada 20 kelompok tani, dan Hand Sprayer sebanyak 420 unit kepada 21 kelompok tani.

"Apa yang kami rencanakan tersebut belum sempurna untuk menjawab permasalahan dan tantangan yang ada di sektor perkebunan khususnya peningkatan produksi dan produktivitas serta mutu hasil budidaya tanaman perkebunan," sampainya.

Dinas Perkebunan Lahat juga sangat mengharapkan dukungan dan masukan dari Pj Bupati Lahat dalam rangka mewujudkan petani/pekebun sejahtera, makmur serta menjadikan petani/pekebun yang mandiri untuk mewujudkan Kabupaten Lahat yang berfaedah dan bermartabat.

Sementara itu, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi dalam sambutannya mengatakan, ini kali pertama memberikan bantuan selama menjabat di Kabupaten Lahat untuk mendukung program-program pembangunan yang diprioritaskan oleh Pemerintah seperti di bidang sektor perkebunan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan, serta pelestarian lingkungan. 

"Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pemulihan ekonomi yang kuat di masyarakat Kabupaten Lahat menuju produksi dan produktivitas meningkat, dan petani sejahtera," katanya. 

Dirinya menambahkan, kegiatan ini khususnya di bidang perkebunan akan terus kita tingkatkan, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Lahat terhadap para petani sebagai pelaku utama pembangunan sektor perkebunan, maka sinergi antara Pemerintah Kabupaten Lahat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kementerian Pertanian perlu dipererat agar program-program unggulan pada bidang perkebunan dapat masuk di Kabupaten Lahat. 

"Kepada seluruh anggota Kelompok Tani yang telah mendapat fasilitas pemberian manfaat dari Pemerintah dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan peruntukannya," tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan buka bersama sekaligus safari Ramadhan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: