Pesan Pj Bupati Lahat Kepada Penerima Manfaat Sarana Prasarana Komoditi Perkebunan

Pesan Pj Bupati Lahat Kepada Penerima Manfaat Sarana Prasarana Komoditi Perkebunan

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi , serahkan bantuan secara simbolis kepada penerima sarana prasarana komoditi perkebunan sekaligus safari ramadan di Kelurahan Sari Bunga Mas Penangkaran Ngudi Rahayu 2, Jumat (22/3/24).-foto Novri yanto-lahatposco

Lahatpos.co – Sebagai upaya membantu peningkatan produksi dan produktivitas serta mutu hasil budidaya tanaman perkebunan, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perkebunan menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat sarana prasarana komoditi Perkebunan bagi kelompok tani di Kabupaten Lahat.

 

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Penangkaran Ngudi Rahayu 2 Kelurahan Sari Bunga Mas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat,pada jumat 22 maret 2024.

Pantauan Lahat Pos, Hadir secara langsung Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si didampingi oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat Adhitya Trinia Apriliani.,S.STP.MSi, Sekretaris Daerah Lahat Chandra.,SH.MM beserta Ketua DWP Lahat Ria Apriani Chandra dan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat Vivi Anggraini., S.STP M.Si.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat Vivi Anggraini., S.STP M.Si menyampaikan, Dinas Perkebunan melalui program kegiatan penyediaan dan pengembangan sarana pertanian melaksanakan bantuan sebagai berikut : Pupuk Organik Cair (POC) tanaman kopi sebanyak 6.000 liter kepada 49 kelompok tani, Pupuk Organik Cair (POC) tanaman lada sebanyak 2.000 liter kepada 10 kelompok tani, Pupuk Organik Cair (POC) tanaman kelapa sawit sebanyak 5.000 liter kepada 50 kelompok tani, Terpal sebanyak 7.000 lembar kepada 30 kelompok tani, Mesin Rumput sebanyak 300 unit kepada 20 kelompok tani, Gerobak Sorong sebanyak 380 unit kepada 20 kelompok tani, dan Hand Sprayer sebanyak 420 unit kepada 21 kelompok tani," jelasnya.

Tentu saja, sambung Vivi, apa yang kami rencanakan tersebut belum sempurna untuk menjawab permasalahan dan tantangan yang ada di sektor perkebunan khususnya peningkatan produksi dan produktivitas serta mutu hasil budidaya tanaman perkebunan.

"Untuk itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan masukan dari Bapak Pj Bupati Lahat dalam rangka mewujudkan petani/pekebun sejahtera, makmur serta menjadikan petani/pekebun yang mandiri untuk mewujudkan Kabupaten Lahat yang berfaedah dan bermartabat," harap Vivi.

Sementara itu, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si dalam sambutannya mengatakan, ini kali pertama saya memberikan bantuan selama saya menjabat di Kabupaten Lahat untuk mendukung program-program pembangunan yang diprioritaskan oleh Pemerintah seperti di bidang sektor perkebunan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan, serta pelestarian lingkungan.

"Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pemulihan ekonomi yang kuat di masyarakat Kabupaten Lahat menuju produksi dan produktivitas meningkat, dan petani sejahtera," katanya.

Dirinya menambahkan, Kegiatan ini khususnya di bidang perkebunan akan terus kita tingkatkan, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Lahat terhadap para petani sebagai pelaku utama pembangunan sektor perkebunan, maka sinergi antara Pemerintah Kabupaten Lahat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kementerian Pertanian perlu dipererat agar program-program unggulan pada bidang perkebunan dapat masuk di Kabupaten Lahat.

"Kepada seluruh anggota kelompok tani yang telah mendapat fasilitas pemberian manfaat dari Pemerintah dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan peruntukannya," tutup Pj Bupati Lahat.

Acara dilanjutkan dengan buka bersama sekaligus safari ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co