Peresmian PLTS Irigasi Bukit Asam di Nanjungan, Panen Padi Meningkat Dua hingga Tiga Kali Pertahun

Peresmian PLTS Irigasi Bukit Asam di Nanjungan, Panen Padi Meningkat Dua hingga Tiga Kali Pertahun

Peresmian PLTS Irigasi Bukit Asam di Nanjungan, Panen Padi Meningkat Dua hingga Tiga Kali Pertahun. -Foto: dok/lahatpos.co-

Lahat, Lahatpos.co - Peresmian PLTS Irigasi bantuan Bukit Asam. Panen padi bisa dua hingga tiga kali pertahun bagi petani di 5 desa. PT Bukit Asam (Tbk) meresmikan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi di Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Selasa 2 Januari 2024. 

Hadir langsung dari PT Bukit Asam (Tbk) adalah VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Hartono, AVP Sustainable ECO, SOC, & Environment Mustafa Kamal, Direktur Utama BEST Paulus Wendi Saputra, dan Ahli Operasi/Produksi Aswan Zuhri.

Kemudian, Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, TBUPP Lahat H Samiri, Densyahri, Forkopimda, kepala OPD, unsur tripika, kepala desa, BPD, kelompok tani, dan warga Nanjungan.


Foto bersama acara Peresmian PLTS Irigasi Bukit Asam di Nanjungan.-Foto: dok/lahatpos.co-

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, dan tarian Umak oi Umak dari ibu ibu TP PKK Nanjungan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Nanjungan Depi Satriani menyampaikan mengucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah memberikan bantuan CSR PLTS Irigasi. Ia juga mengapresiasi peran H Samiri dalam memperjuangkan PLTS Irigasi bantuan PTBA.

“Nanjungan tidak termasuk ring PTBA, namun melalui perpanjangan tangan Bapak H Samiri, maka bantuan ini bisa terealisasi,” ujarnya.

Lanjut Depi Satriani, PLTS Irigasi bermanfaat untuk warga lima desa yakni, Nanjungan, Tanjung Jambu, Gedung Agung, Sengkuang, dan Tanjung Lontar.

Keberadaan PLTS Irigasi membantu petani. Selama ini petani bersawah mengandalkan tadah hujan. Sekarang sudah ada PLTS Irigasi. Selain mengiri sawah, PLTS Irigasi membantu mengari kolam warga.


Sambutan VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Hartono.-Foto: dok/lahatpos.co-

VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Hartono mengatakan, bantuan PLTS Irigasi merupakan salah satu bentuk kontribusi PTBA sebagai salah satu perusahaan pertambangan yang berinovasi terhadap energi baru dan terbarukan. Jadi memang PTBA memiliki tanggung jawab dapat memperkenalkan energi baru dan terbarukan, kita pilih di Desa Nanjungan terkait pembangkit listrik tenaga surya. 

Bantuan PLTS Irigasi sebagai bentuk komitmen PTBA dapat memberikan manfaat dan membantu Pemerintah Kabupaten Lahat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini disekitar wilayah operasional perusahaan.

Wujud kepedulian PTBA tidak hanya kepada desa yang berada di wilayah ring 1 PTBA, akan tetap bantuan juga diberikan kepada desa yang berada di wilayah ring 2 PTBA. Salah satunya Desa Nanjungan yang berada di wilayah ring 2 PTBA. “Ring 2 juga menjadi salah satu perhatian PTBA dalam memberikan perhatian dan kesejahteraan kepada masyarakat di dalamnya,” ujarnya.

PLTS Irigasi menjadi ejahwanta dari tujuan mulia PTBA dalam membangun peradaban meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: