Pemda Lahat

Hasil Kesepakatan Bersama, ini Nama nama KPM Desa Kebur Tahun 2023

Hasil Kesepakatan Bersama, ini Nama nama KPM Desa Kebur Tahun 2023

Musdesus Desa Kebur membahas penerima bantuan langsung tunai kategori miskin ekstrim tahun 2023-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Sebanyak 61 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Desa Kebur yang akan mendapatkan bantuan langsung tunai kategori kemiskinan ekstrim tahun 2023

Dari data 61 KPM ini berdasarkan hasil musyawarah bersama antara Pemerintah Desa Kebur, BPD, yang dihadiri juga dari pendamping desa, pendamping lokal desa, pihak Kecamatan Merapi barat, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan elemen masyarakat Desa Kebur, Sabtu 28 Januari 2023.

Kepala Desa Kebur Yongki Yulius SE didampingi Ketua BPD Desa Kebur Saharudin mengungkapkan, dari hasil 61 KPM ini merupakan hasil kesepakatan bahwa Desa Kebur mengambil jumlah 25 persen dari pagu Dana Desa.

Pagu dana desa sudah berdasarkan keputusan bersama antara semua pihak baik pemerintah desa, BPD, serta elemen masyarakat yang hadir dalam Musdesus penetapan bantuan ekstrim ini 

Jumlah ini berdasarkan  kesepakatan bersama yang mana dari jumlah KPM sudah berdasarkan hasil musyawarah bersama bukan berdasarkan kehendak Kades ataupun BPD namun hasil musyawarah bersama seluruh elemen masyarakat Desa Kebur.

Selain penetapan penerima bantuan ekstrim, musyawarah juga membahas untuk ketahanan pangan yang semula sudah berjalan untuk ternak kambing namun untuk kuota jumlah kambingnya dirasa masih kurang sehingga hasil musyawarah tadi juga diadakan penambahan untuk kuota ternak kambing.

Selain itu juga jika ada kelompok lain yang berminat untuk membentuk kelompok ternak kambing yang lain juga dipersilahkan.

Selain itu ada beberapa harapan masyarakat Desa Kebur yang akan diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Merapi area mendatang yaitu, masyarakat Desa Kebur menginginkan agar ada sarana air bersih untuk masyarakat Desa Kebur.

Karena selama ini masyarakat Desa Kebur sudah tidak percaya dengan air sumur warga Desa Kebur sendiri yang diindikasikan sudah tercemar dengan debu batubara.

"Bahkan untuk masak sehari hari saja masyarakat Desa Kebur lebih sering menggunakan air galon dari pada air sumur"

Yongki juga menyebut, kami selaku pemerintah desa menginginkan lebih transparan juga lebih bijak dalam menggunakan Dana Desa ini. Asalkan apa yang sama sama kita setujui dalam musyawarah desa ini untuk kemaslahatan orang banyak jangan untuk kepentingan pribadi.

Nama nama Penerima Bantuan Ekstrim Desa Kebur Tahun 2023 :

1 ALIAS

2 ELIA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: