Jelang Ramadhan Warga Desa di Kabupaten Lahat Ini Peringati Haul Puyang Raden Singa Mangla, ini Kegiatannya

Jelang Ramadhan Warga Desa di Kabupaten Lahat Ini Peringati Haul Puyang Raden Singa Mangla, ini Kegiatannya

Peringatan Haul masyarakat desa Kebur di Makam Puyang Raden Singa Mangla--

LAHATPOS.CO, Merapi barat  -  Jelang Ramadhan warga desa di Kabupaten Lahat ini peringati  Haul ke makam Puyang Raden Singa Mangla/Manggala.

Puyang Raden Singa Mangla sendiri merupakan puyang atau leluhur dari masyarakat desa Kebur Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Peringatan Haul/ziarah kubur ini dilaksanakan oleh masyarakat desa Kebur Kecamatan Merapi Barat dengan menggelar Haul/ziarah ke makam Puyang Raden Singa Mangla/Manggala yang berada dikawasan perusahaan PT Priamanaya Energi yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Kebur disetiap tahun yaitu diakhir bulan Sya'ban atau biasanya dilaksanakan H-7 sebelum Ramadhan.

Kegiatan Haul masyarakat desa Kebur di mulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci Al Quran oleh ustad Fahrudin kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala desa Kebur diteruskan dengan cerita singkat sejarah Puyang Raden Singa Mangla dan dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin dan diakhir acara di isi dengan tausiah dari Kyai Junaidi Sanusi.

Kepala Desa Kebur Yongki Yulius SE, dalam sambutannya  mengucapkan rasa syukur sampai saat ini masih diberikan berbagai kenikmatan oleh Allah SWT.
"Kegiatan Haul di leluhur kita masyarakat desa Kebur yaitu Raden Singa Mangla ini kita berharap mendapatkan ridho ALLAH SWT dan ROSULULLAH dan keberkahan  di antaranya wali ALLAH.

Kami mewakili pemerintah desa Kebur mengucapkan terimakasih kepada panitia Haul terkebih saat ini yang bertepatan dengan bulan penuh barokah yaitu bulan Sya'ban.

"Kami juga berharap kepada semua masyarakat desa Kebur bisa mendukung  kegiatan ini karena selain anjuran yang di sarankan oleh nabi Muhammad Saw kegiatan Haul /ziarah ini merupakan kearifan lokal yang harus terus dilestarikan"

Menurut Yongki acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan disetiap tahun menjelang bulan Ramadhan dan alhamdulillah kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat desa Kebur yang sangat antusias menghadiri kegiatan Haul ini.

Yongki menyebut bahwa Puyang Raden Singa Mangla ini termasuk orang yang dekat dengan Allah yang merupakan wali Allah SWT. Sehingga kita hadir disini juga karena cinta dengan Allah dan cinta dengan para pejuang Allah.

"Kami juga berharap kepada masyarakatdesa Kebur untuk terus mendukung kegiatan ini dalam berbagai hal apapun yang bisa dibantu silahkan dibantu jika kita cinta wali Allah insyaallah dihari akhir kita juga akan berkumpul dengan wali Allah."tutupnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: