Belajar Sejarah Dan Keunikan Rumah Adat Kabupaten Lahat Warga Lahat Wajib Tauh nih

Belajar Sejarah Dan Keunikan Rumah Adat Kabupaten Lahat  Warga Lahat Wajib Tauh nih

Rumah Adat / Rumah Baghi Yang ada di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Foto : IST-Lahatposco-Novri yanto

"Satu lagi keunikan dari rumah ini adalah tidak memiliki jendela dan hanya terdapat satu buah pintu kayu. Dari kontruksinya Ghumah Baghi pada bagian tiang terdiri dari satu balok kayu utuh yang tidak ditanam tetapi berdiri pada bongkahan beberapa batu," papar Mario.

Mario menuturkan, kontruksi ini merupkan kontruksi anti gempa. Ghumah baghi berbentuk rumah panggung dengan 8 tiang, sehingga disebut ghumah baghi ghilapan dan ghumah baghi tatahan karena terdapat pahatan pada bagian dinding dan tiang bagian atas. Sebaran ghumah baghi di Kabupaten Lahat saat ini masih dapat dilihat di beberapa desa dan kecamatan. "Di Desa Lebak Budi, Kecamatan Merapi Barat, Desa Lubuk Sepang dan Pagar Batu di Kecamatan Pulau Pinang, Desa Tanjung Agung, Pagaralam dan Gemidar Ulu Kecamatan Pagar Gunung, di Desa Tanjung Menang dan Air Dingin Lama di Kecamatan Tanjung Tebat, Desa Geramat, Air Puar, Mengkenang, Lesung Batu dan Pajar Bulan berada Kecamatan Mulak Ulu, Padang Bindu di Kecamatan Mulak Sebingkai, di Kecamatan Kota Agung di Sesa Bangke, Tebat Langsat, Gunung Liwat, Kebun Jati, Singapure dan Gedung Agung, juga ada di kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pumu, Jarai, Sukamerindu dan Pajar Bulan," Ucapnya. 

Nah sobat Lahatposco. Itulah Bahasan Mengenai Rumah baghi Di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. 

Dalam Hal Ini Kita sebagai Generasi Milenial Setidaknya Jangan Melupakan Sejarah itu sendiri, karna Kalau Bukan Kita Siapa Lagi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co