Pemda Lahat

Belajar Sejarah Dan Keunikan Rumah Adat Kabupaten Lahat Warga Lahat Wajib Tauh nih

Belajar Sejarah Dan Keunikan Rumah Adat Kabupaten Lahat  Warga Lahat Wajib Tauh nih

Rumah Adat / Rumah Baghi Yang ada di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Foto : IST-Lahatposco-Novri yanto

Lahat, Lahatposco- Bumi pertiwi Indonesia Mempunyai Aneka Ragam kebudayaan Yang Tersebar di Semua wilayah Di Indonesia, 

Dengan Keaneka Ragaman Kelompok etnis, atau suku Bangsa Yang Berjumlah 1.340, Menjadikan Indonesia Adalah Negara yang Paling Banyak Diminati oleh Wisatawan Mancanegara Yang Penasaran Dengan Peninggalan Peninggalan Bersejarah di Di Indonesia. 

Salah satu Kabupaten Yang Memiliki Peninggalan yang cukup Masyur Adalah Kabupaten Lahat, Di antara beragamnya Peninggalan Yang ada di Kabupaten Lahat.Salah Satu Yang Menarik untuk Kita Bahas Disini Yaitu Rumah adat Atau Yang biasa Disebut Rumah Baghi 

Karna Rumah adat merupakan tolak ukur terdepan yang menggambarkan kebudayaan suatu suku yang Tersebar di seluruh Nusantara indonesia.

Tak hanya itu, rumah adat juga mempunyai arti penting dalam pengembangan warisan, peradaban dan ilmu sejarah, mengingat segala kegiatan yang dilakukan bermula dari rumah.

 

Ciri khas Ghumah Baghi di Kabupaten Lahat Sendiri Yaitu memiliki atap runcing mirip seperti tanduk atau membentuk pelana kuda. Namun atap ini tidak begitu runcing, jika dibandingkan dengan atap rumah adat Toraja. 

Atap rumah Baghi Disini memanfaatkan bahan-bahan yang disediakan oleh alam Itu sendiri, seperti ijuk atau pohon aren. 

Ketua Panoramic of Lahat, Mario Andramatik Mengungkapkan

Mantap! Kapolres lahat Tidak Mau ada Jarak Polisi dan masyarakat

pada bagian tiang rumah Baghi Ini Sendiri Biasanya menggunakan bahan Yang ramah akan lingkungan, yaitu kayu dengan rangka atap berbahan bambu yang diambil dari alam

keunikan lainnya adalah setiap sudut rangka rumah tidak menggunakan paku melainkan pasak. Bagian dalam ghumah baghi tidak dibuat sekat-sekat kamar, melainkan hanyalah ruang yang terbuka luas. 

Ia menyebutkan, sedangkan untuk bagian depan dibuat lebih tinggi dari pada lantai bagian dalam. 

Dan Jika ada Anggota keluarga dari garis keturunan laki-laki akan menempati bagian depan, sedangkan untuk Perempuan akan berada di bagian dalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co