KPU Lahat Verifikasi Faktual 9 Partai, Termasuk Partai Hanura

KPU Lahat Verifikasi Faktual 9 Partai, Termasuk Partai Hanura

Tim KPU Lahat dan Bawaslu Lahat saat melakukan verifikasi faktual DPC Partai Hanura Kabupaten Lahat.-Foto : dokumen DPC Partai Hanura Lahat-

LAHATPOS.CO, Lahat - KPU Lahat melakukan verifikasi faktual terhadap 9 partai politik baru atau non parlemen yang lolos verifikasi administrasi. Hari ini, ada 6 partai politik yang dijadwalkan dilakukan verifikasi faktual.


--

Ketua KPU Lahat Nana Priana SHI MM, melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu 2024, Irfan Rojhannudin SSi MPd menjelaskan, 6 partai politik dilakukan verfak hari ini adalah Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Perindo, PKN, dan Partai Garuda.


--

Dalam proses verifikasi faktual, sebelumnya, KPU Lahat telah menyampaikan surat secara tertulias kepada partai politik, untuk menghadirkan nama keanggotaan dan pengurus partai di kantor parta masing masing. 

Bila partai tidak dapat menghadirkan anggota dan pengurusnya, maka bisa dilakukan dengan cara video call kepada anggota dan pengurus partai itu.

BACA JUGA:Peluang Bisnis Minuman Boba Banyak Di Gandrungi Kaum Milenial

Lanjut Irfan, salah satunya DPC Partai Hanura Kabupaten Lahat yang disambangi tim KPU Lahat didampingi Bawaslu Lahat. Ada 4 orang anggota Partai Hanura dilakukan video call dari kantor DPC Partai Hanura, karena yang bersangkutan tidak bisa datang ke DPC Partai Hanura.

“Dalam veridikasi faktual, anggota parpol dimintai kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu anggota (KTA) untuk kemudian dicocokkan dengan data yang telah diberikan partai tersebut. Bila cocok dinyatakan memenuhi syarat (MS) berarti benar-benar sebagai anggota parpol. Namun bila tidak cocok, dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) atau bukan anggota parpol yang dimaksud,” ungkapnya.

Jadwal verifikasi faktual hingga tanggal 4 November 2022, sampai pukul 23.59 WIB. Tanggal 5 November 2022, Komisioner KPU Lahat akan melakukan sidang pleno hasil verifikasi faktual 9 partai politik.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Lahat, Suhendra SE MM didampingi Sekretaris, Jhon Sarwaidi SE dan Wakil Ketua, Ramlan, membenarkan tim KPU Lahat hari ini, hadir ke Kantor DPC Partai Hanura Kabupaten Lahat. Secara umum, proses verifikasi faktual Partai Hanura sudah dilakukan. Tinggal ada 4 anggota/pengurus partai belum sempat hadir, sehingga dilakukan verifikasi faktual melalui video call.

BACA JUGA:Gedung Aula Serbaguna Tanjung Raja Tahap Pengecoran Tiang Pondasi Atas

“Alhamdulillah, proses verifikasi faktual Partai Hanura Kabupaten Lahat berjalan lancar. Kami optimis, Partai Hanura memenuhi syarat, dan lolos menjadi partai peserta Pemilu 2024,” ungkapnya.

Sama seperti partai lain, DPC Partai Hanura Kabupaten Lahat juga sedang melakukan tahap perekrutan bakal caleg ditingkat kabupaten. Disamping, merampungkan proses verifikasi faktual dari KPU Lahat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: