puasa mui lahat

Peringati Tahun Baru Islam Sekaligus Lestarikan Tradisi

Peringati Tahun Baru Islam Sekaligus Lestarikan Tradisi

Ceramah agama oleh Ustad Anwar Musadat di Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Barat, Lahat.-Foto : Purwanto-

LAHATPOS.CO, Merapi Timur - Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444, Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur, gelar tradisi "Melemang", Minggu (7/8/2022).

Kepala Desa Nanjungan, Depi Satriani menuturkan, dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam  1 Muharram  1444, serta menuju 10 Muharram 1444 Hijriah, maka Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur, memperingatinya dengan melaksanakan kegiatan Melemang.

“Tradisi Melemang merupakan adat istiadat leluhur atau petue petue terdahulu. Jadi di era sekarang ini, kami yang merupakan Pemerintah Desa berharap kegiatan ini tidak musnah,” ujarnya.

Depi mengajak kepada masyarakat Desa Nanjungan agar melestarikan tradisi Melemang.

BACA JUGA:Ratusan Peserta Ramaikan Kicau Mania Bupati Empat Lawang Cup 2022

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk tetap melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di Desa  Nanjungan agar tidak tergerus jaman,” ajaknya.

Depi menambahkan, selain untuk melestarikan budaya. Tradisi  ini juga merupakan suatu ajang silaturahmi, karena setiap memperingati 1 Muharram, warga bekerja sama, bergotong royong saling membantu dalam upaya pembuatan Lemang, yang nantinya dimakan bersama - sama di Masjid  Desa Nanjungan, sambil mendengarkan ceramah agama.

Dalam peringati Tahun Baru Islam kali ini, kegiatan dipusatkan di Masjid As-Shuhadah dengan menghadirkan Ustadz Anwar Musadat sebagai pengisi ceramah agama.

Tonton Videonya :

https://youtu.be/23kjIyIpv0g

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: