Pemda Lahat

Desa Jadian Baru Mulak Sebingkai Menggelar Musdes

Desa Jadian Baru Mulak Sebingkai Menggelar Musdes

MULAK SEBINGKAI, LAHATPOS.CO - Bertempat di Kantor Desa Jadian Baru, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jadian Baru, Kecamatan Mulak Sebingkai Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Kamis (30-6-2022), menggelar musyawarah rencana pembangunan desa tahun 2022. Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.

Acara musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023 ini dilaksanakan di halaman kantor desa Jadian Baru yang dihadiri langsung Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), Camat Mulak Sebingkai Herwansyah SE MM, H. Ikhsan Lidinilah SE (Sekcam), Kanit Binmas Polsek Mulak Ulu, Babinsa Koramil 405/09/ Kota Agung, Pendamping Desa (PD) PLD, PDTI, dan masyarakat.

Musyawarah rencana pembangunan desa ini dibuka langsung oleh Idison, Ketua BPD Desa Jadian Baru yang. Dalam sambutannya, Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh Forkopimcam, Kades, perangkat desa dan masyarakat yang telah hadir dalam musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023.

Adapun tujuan Musdes dilaksanakan hari ini guna menampung usulan dari masyarakat untuk rencana kerja pembangunan desa tahun anggaran 2023.

BACA JUGA:Kades Arahan Punya Program ‘Cete’

"Kami sudah menampung beberapa usulan masyarakat melalui musyawarah dusun terlebih dahulu, dan hari ini kita memfinalisasi usulan tersebut dalam musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023 mendatang. Semoga beberapa usulan tersebut dapat mewakili seluruh suara masyarakat,"ungkapnya.

Sementara itu Herwansyah Camat Mulak Sebingkai mengharapkan kepada seluruh masyarakat, bahwa setiap pembangunan dan belanja desa harus melalui Musyawarah Desa (Musdes). Oleh karena itu ia meminta pada masyarakat agar mengusulkan apa saja yang menjadi skala prioritas bagi desa untuk pembangunan tahun anggaran 2023 mendatang.

Karena itu ia ingin masyarakat bermusyawarah dalam mengusulkan beberapa pembangunan untuk dilaksanakan tahun 2023 mendatang.

"Kami berharap semoga Musdes ini dapat berjalan dengan lancar, dan semoga desa Jadian Baru kedepannya akan menjadi desa yang maju dari sebelumnya. Oleh sebab itu dukung pemerintahan ini agar dapat menjalankan tugasnya sebagai kepala desa yang diharapkan masyarakat banyak,"harapnya.

BACA JUGA:Tiga Kali Tembakan Peringatan, Pelaku Penusuk Kades Sukaraya Lama Melawan Petugas

Musyawarah rencana pembangunan desa yang dilaksanakan dipertengahan tahun ini adalah sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri, bahwa rencana pembangunan desa tahun selanjutnya harus dibahas sejak saat ini oleh desa, sebagai usulan perencanaan pembangunan tahun depan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Okta Rian SPd, selaku pendamping desa saat memberikan arahan dan beberapa program pemerintah dalam membangun desa. Suardi berharap, setiap desa sudah memiliki BUMDES untuk menambah pendapatan asli desa (PAD), karena BUMDES adalah program pokok dari pemerintah pusat untuk menunjang perekonomian masyarakat di desa.

"Apa saja yang diusulkan oleh masyarakat desa untuk pembangunan desa tahun depan, harus dilakukan melalui musyawarah rencana pembangunan desa seperti hari ini yang termasuk dalam program kepala desa yang dituangkan dalam RPJMDes.

Jadi silahkan masyarakat mengusulkan pembangunan tahun anggaran 2023 yang menjadi skala prioritas bagi desa,"paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: