Embrio Kepedulian Isu Lingkungan -One Person One Vote- Mau Dibawa Kemana Kabupaten Lahat

Embrio Kepedulian Isu Lingkungan -One Person One Vote- Mau Dibawa Kemana Kabupaten Lahat

Embrio Kepedulian Isu Lingkungan -One Person One Vote- Mau Dibawa Kemana Kabupaten Lahat.-foto: lahatpos.co-

Hal itu kewenangan siapa namun yang pasti aktifitas itu terjadi dikabupaten Lahat dan mesti dipantau dan dikawal secara serius dan sungguh-sungguh  agar dilakukan reklamasi, penutupan lubang bekas tambang dan pemulihan kualitas udara, air yang diakibatkan dari akitifitas  operasional  penambangan sesuai dengan baku mutu peraturan perundang-undangan.

Sebentar lagi pesta demokrasi pemilihan bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lahat tahun 2024 akan digelar dalam hitungan hari.

Sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Lahat kita mesti memastikan apakah bakal calon/calon kepala daerah yang akan berkontestasi memiliki visi-misi lingkungan yang jelas, terukur dan dapat diimplementasikan secara konsisten nantinya.

Visi-misi tersebut harus mampu mengintegerasikan pembangunan berkelanjutan dengan upaya pelestarian lingkungan sehingga tercipta keseimbangan kebutuhan generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Kita dapat melihat dan mendengar dimasa kampaye ini para Calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat berlomba-lomba untuk menarik simpati masyarakat dengan visi-misinya, namun belum terlihat embrio/tanda-tanda yang serius dari para kandidat terhadap isu-isu lingkungan yang terjadi.

Pun demikian dengan permasalahan timbulan sampah yang membutuhkan penanganan serius yang mesti dilakukan secara terus menerus baik dengan kebijakan, edukasi dan penegakan hukum /sanksi sesuai peraturan perundang-undangan.

Belum terlihat dan terdengar edukasi yang dilakukan para kandidat akan sampah minimal ketika menggelar kampaye menolak atau mengganti pemakaian bahan plastik air minuman kemasan dengan alternatif lain.

Belum terlihat para kandidat mengedukasi masyarakat akan keberlangsungan lingkungan hidup dengan melestarikan alam minimal sang kandidat menanam pohon dan hal-hal yang kecil dan simpel ini sebenarnya menunjukan embrio seorang calon pemimpin itu berwawasan lingkungan hidup atau tidak sebagai pondasi kepeduliannya akan keseimbangan lingkungan hidup yang akan terintergerasi didalam kebijakan/rencan program.

Juga keseriusan dan kepeduliannya untuk mengatasi permasalahan lingkungan ketika nanti terpilih.

Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan kebutuhan dasar yang mesti terpenuhi dan syarat mutlak terwujudnya pembangunan yang berkesinambungan dan keberlangsungan kita manusia dan mahkluk hidup lainnya dimasa sekarang dan akan datang  sebagai penghuni bumi.

“One Person One Vote” satu orang satu suara, menentukan mau dibawa kemana Kabupaten Lahat yang akan datang!!.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: