Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat, Megalit dan Eksotisnya Wisata Alam, Cocok Untuk Liburan 2024

Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat, Megalit dan Eksotisnya Wisata Alam, Cocok Untuk Liburan 2024

Rekomendasi Wisata Alam Terbaik Di Kabupaten Lahat Yang cocok untuk mengisi liburan di tahun 2024 -foto Novri yanto-lahatposco

Lahatpos.co – selain dikenal dengan Negeri Seribu Satu Megalit, Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat juga menawarkan wisata alam yang eksotis.

Banyak hal yang bisa di eksplore di salah satu kabupaten tertua di Sumatera Selatan ini,

Bukit Serelo yang menjulang dan Panorama di sepanjang aliran sungai lematang akan membuka mata kita akan indahnya ciptaan yang maha kuasa.

Maka tak heran jika sampai hari ini Kabupaten Lahat menjadi salah satu tempat yang ramai di kunjungi wisawatan.

Nah jika kamu tertarik mengunjungi Kabupaten Lahat untuk mengisi liburan tahun 2024 ini, berikut kami berikan rekomendasi wisata alam terbaik di Kabupaten Lahat yang wajib banget kamu kunjungi.

Bukit Besak

Bukit Besak berada di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan, di ketinggian 640 mdpl. Kata besak dalam Bukit Besak itu sendiri berasal dari bahasa Melayu Palembang, yang berarti besar. Dari beberapa bukit yang berada di kawasan Hutan Lindung Isau-Isau ini, Bukit Besak memang memiliki ukuran yang paling besar. Bahkan, bagian paling atas Bukit Besak dengan ukuran sekitar 5 ha dapat menampung tenda para pendaki sekitar 3.000 tenda di area 3 ha.

Selain melakukan pendakian ke atas bukit, kamu juga bisa mencoba olahraga terbang layang atau paralayang di Bukit Besak ini. Paralayang pertama dilakukan dari Bukit Besak pada Februari 2018 oleh paralayang dari Bandung dan Inggris. Bentuk bagian atas Bukit Besak yang mirip kubah menjadikan bukit berbatu andesit ini sebagai tempat terbaik untuk olahraga Paralayang, karena kamu dapat terbang dari berbagai penjuru mata angin.

Air Terjun Curup Maung

Berlibur ke Air Terjun Curup Maung merupakan salah satu tempat wisata di Kota Lahat yang sudah terkenal. Sabtu dan minggu adalah hari favorit untuk menikmati keindahan hempasan Curup Maung serta berenang, berfoto atau bersantai bersama keluarga. Akses jalanan menuju ke Air Terjun Curup Maung bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Ibu Kota Kabupaten Lahat menuju ke Kecamatan Gumay Ulu selama 1 jam perjalanan. Kemudian setelah sampai di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat parkirlah kendaraan Anda di tempat yang sudah di sediakan. Setelah itu perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki kira-kira 1 jam melewati jalan setapak, hutan dan kebun kopi.

 

Green Canyon Lahat

Green Canyon, sebuah objek wisata alam dengan pemandangan hutan yang lebat, air jernih, dan bebatuan, menjadi destinasi yang sangat populer di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Terletak 217 km dari Kota Palembang, Green Canyon menawarkan pengalaman wisata alam yang spektakuler.

Aliran sungai di Green Canyon berasal dari Sungai Ayik Lim dan bermuara ke Sungai Lematang. Tepian sungai dihiasi oleh deretan batu besar yang membentang sepanjang 200 hingga 250 meter, menambah kecantikan pemandangan. Air sungai yang jernih, diselingi oleh dedaunan hijau dan batu-batu berwarna cokelat, menciptakan suasana yang memukau.

 

 Bukit Serelo

Bukit Serelo atau yang lebih dikenal dengan Gunung Jempol atau ada juga yang memberi nama Bukit Telunjuk berada sekitar 900 meter di atas permukaan laut, terletak di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan atau berjarak 276 km dari Palembang. Bukit Salero merupakan salah satu landmark dan kebanggaan masyarakat Lahat.

Warga setempat biasa menyebutnya Bukit Tunjuk karena bentuk puncaknya yang mirip dengan telunjuk yang mencuat ke langit. Kalau diperhatikan dengan baik, bentuknya unik karena seperti sedang menunjuk ke langit. Masyarakat setempat pun percaya bahwa bukit tersebut mengingatkan manusia bahwa masih ada Tuhan yang posisinya lebih tinggi, sehingga kita pun harus tetap membumi. Pesona bukit yang begitu menakjubkan membuat banyak pendaki dari luar daerah yang penasaran ingin menyaksikan bentuknya yang asli dari dekat.

Di sekitar bukit yang merupakan salah satu bagian dari bukit barisan ini dikelilingi oleh Sungai Lematang yang jernih sehingga membuat pemandangan di sekitar bukit semakin mempesona. Bagian bawah bukit inipun kerap dijadikan tempat berkemah ataupun untuk rekreasi. Sebagai catatan, butuh ekstra kehati-hatian jika ingin camping diatas bukit ini, karena angin yang menerpa bukit ini cukup kuat sehingga mampu menerbangkan tenda, belum lagi disertai hawa yang cukup dingin.

Jembatan Gantung Pagar Batu

Tahukah kamu, jika jembatan gantung terpanjang di Sumatera Selatan (Sumsel) berada di Kabupaten Lahat , Sumatera Selatan.

Persisnya, di Desa pagar batu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumsel. Jembatan gantung dibangun tahun 1960. Panjang jembatan mencapai 360 meter. 

Karena ada di desa Pagar Batu jembatan ini disebut Jembatan Gantung Pagar Batu.

 

Air Terjun Gua Mata

Air terjun yang disebut curup dalam bahasa daerah setempat itu memiliki air yang jernih berwarna hijau kebiruan dengan dasar kolam yang tenang dan bersih tanpa ada sampah sedikitpun.

Sekitar air terjun yang berdebit kecil ini ada batu-batu tebing yang besar dan seperti gua, yang menambah kesan eksotis lingkungan air terjun. Wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Goa Mata biasanya bermain air sepuasnya hingga merasa kedinginan.

Mereka meluncur dari atas tebing batu yang menyerupai perosotan, berenang, berfoto di bawah air dan duduk-duduk santai di gua yang terdapat di pinggir kolam air terjun.

Rasa segar akan terasa merasuk sampai menyentuh sanubari dan menyegarkan pikiran. Jika Anda berminat untuk turut merasakan keasrian Goa Mata Waterfall, Anda dapat langsung menuju ke Desa Serambi, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co