Rawan Longsor dan Banjir Mengancam, Ini Penjelasan BPBD Lahat dan DPRD

Rawan Longsor dan Banjir Mengancam, Ini Penjelasan BPBD Lahat dan DPRD

Sungai Lematang Lahat. Rawan longsor dan banjir mengancam, ini penjelasan BPBD Lahat.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Rawan longsor dan banjir mengancam, Ini Penjelasan BPBD Lahat. Kepala Plh BPBD Lahat H Ali Afandi mengingatkan agar masyarakat lebih waspada bila debit air Sungai Lematang sudah mulai naik dan hujan dalam jangka waktu lama. 

"Bisa jadi juga di hulu Sungai Lematang hujan deras sehingga air sungai naik. Jadi masyarakat bisa lebih waspada dan menghentikan aktivitas di pinggi sungai," imbaunya.

Lanjut, BPBD Lahat terus memberikan peringatan kepada kecamatan mengenai cuaca. Diharapkan peringatan tersebut diketahui masyarakat dan menaati arahan pihak kecamatan, desa hingga pihak Koramil dan Kepolisian. 

Wanti wanti ini penting untuk meminimalisir terjadi korban. Untuk para petani/pekebun agar tetap waspada. Apalagi berada di lereng perbukitan dan pinggir sungai. 

Selain itu, rumah warga yang berada di pinggiran sungai juga dapat menjauh bila sungai meluap dan masuk ke dalam rumah. 

Pihaknya tidak ingin ada kejadian rumah dan penghuninya ikut hanyut. Apalagi dengan alasan menjaga rumah. 

"Jadi ikuti arah petugas bila ada bencana banjir dan meluapnya air sungai," tambahnya.

Disinggung kenapa air Sungai Lematang saat ini mudah meluap dan cepat naik serta surut. Lantaran perbukitan sudah banyak gundul. Diharapkan bila berkebun tetap menanam tanaman perpohonan. Lantaran topografi Kabupaten Lahat ialah perbukitan, sehingga bila bukit gundul. 

Maka daya serap air tidak ada dan bisa menyebabkan meluapnya air sungai serta longsor. 

Seperti diketahui, hujan mengguyur Kabupaten Lahat sejak penghujung Desember lalu dan menyebabkan debit air sungai kembali tinggi. 

Salah satunya daerah rawan banjir di Desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang Lahat. Sementara daerah rawan longsor Jalan Baru Kecamatan Gumay Ulu, Pagar Gunung, perbatasan Tanjung Sakti-Manna, Pulau Pinang. 

Wakil Ketua I DPRD Lahat, Gaharu SE MM meminta kepada warga masyarakat agar tetap selalu waspada, tanggap darurat dan mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi saat kondisi cuaca beberapa hari terakhir ini di Kabupaten Lahat.

Politisi Partai Gerindra Lahat ini mengatakan bahwa pihaknya menghimbau agar warga masyarakat untuk selalu waspada. Mengingat beberapa hari terakhir sempat diguyur hujan deras disertai dengan angin. 

"Selain warga masyarakat harus waspada, kami juga mengingatkan kepada instansi terkait untuk aktif melakukan pemantauan dan pengawasan," kata Gaharu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: