Gunung Dempo Erupsi Warga Tebing Tinggi Empat Lawang Terjun ke Sungai Musi, Ada Apa

Gunung Dempo Erupsi Warga Tebing Tinggi Empat Lawang Terjun ke Sungai Musi, Ada Apa

Warga Tebing Tinggi, Empat Lawang saat menangkap ikan di sungai Musi yang mengalami ketubean akibat erupsi gunung Dempo, Kamis (27/7)2023).--

EMPAT LAWANG,LAHATPOS.CO - Akibat erupsi gunung demopo pada Selasa malam (25/7) sekitar pukul 21.15 Wib yang lalu.

Sejumlah warga Kabupaten Empat Lawang, khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi, terjun kesungai musi. Para warga tersebut bukan untuk menyelamtkan diri, melainkan untuk menangkap ikan di sungai sebab air sungai tersebut mengalami ketubean.

Pantauan dilokasi, warga rela berpanas-panasan  hanya untuk menangkap ikan di sungai musi yang mabuk terkena belerang akibat erupsi gunung dempo tersebut.

Para warga turun ke sungai musi sambilan membawa perlatan menangkap ikan, seperti jala dan sanggi. Meskipun belerangnya tidak membuat ikan mati atau mabuk, namun warga sangat antusias turun ke sungai musi.

Anton warga Kecamatan Tebing Tinggi, mengatakan, air sungai musi ini memang mengalami ketubean, yang disebab kan oleh erupsi gunung dempo. Namun belerangnya hanya sedikit.

"Ini memang ketubean tapi belearang nya kurang kurang, bau belerangnya ada tapi tidak terlalu. Makanya dikit ikannya, kalau belerangnya banyak pasti banyak ikan nya," kata Anton, ditemui pada saat menangkap ikan di sungai musi, Kamis (27/7/2023).

Meskipun ikannya tidak banyak, dirinya berama warga lainnya, sangat antusias menangkap ikan di sungai musi. Terlebih lagi sudah beberapa tahun sungai musi tidak ketubean.

"Terakhir kalau tidak salah 5 tahun yang lalu ketubean ini," ujarnya.

Warga lainnya Zul, mengungkapkan, kalau air ketubean ini hanya mewat sebab ikannya tidak banyak yang mabuk." Ini mungkin hanya lewat, tadi saya telpon teman saya yang ada di daerah hulu sana, katanya hanya lewat," ungkapnya. (Red)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: