Pemda Lahat

Warga Pulau Beringin, Camat Kikim Selatan, dan Dinas PMDes Bekarang Ikan, Ada Pesan Khusus

Warga Pulau Beringin, Camat Kikim Selatan, dan Dinas PMDes Bekarang Ikan, Ada Pesan Khusus

Warga Desa Pulau Beringin Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat, lakukan Bekarang Ikan atau menangkap ikan, bersama Camat Kikim Selatan dan perwakilan Dinas PMDes Kabupaten Lahat.-Foto : April/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Kikim Selatan - Menyambut idul fitri, warga Desa Pulau Beringin Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat, lakukan Bekarang Ikan atau menangkap ikan bersama Camat Kikim Selatan dan dari perwakilan Dinas PMDes Kabupaten Lahat.

Tradisi Bekarang atau menangkap ikan bersama ini rutin dilaksanan warga Desa Pulau Beringin Lahat saat menjelang datangnya bulan idul fitri atau hari hari besar Islam.

Kepala Desa (Kades) Pulau Beringin, Canip mengatakan tradisi Bekarang Ikan selain menyambut Idul Fitri, juga sekaligus kampanye mengajak masyarakat untuk menangkap ikan bersama dengan cara yang benar dan tidak merusak habitat di sungai.

“Meski bekarang ini cara tradisional tapi kita sudah berperan menjaga habitat sungai. Intinya menangkap ikan bersama meski dengan cara tradisional maupun modern yang penting tidak merusak ekosistem,” paparnya, Kamis (20/4/2023).

"Semua warga Pulau beringin dilibatkan. Alhamdulillah antusias warga sangat tinggi,” ujarnya.

Senada, Ketua Panitia Lubuk Larangan, Suin menuturkan, Bekarang Ikan bersama dilakukan dalam rangka menyambut idul fitri.

Menurutnya, tradisi bekarang ikan bersama di desa masih melekat hingga sekarang ini, setiap tahun warga melakukan Bekarang Ikan.

“Selain warga para pemangku kepentingan di Desa Pulau Beringin juga ikut Bekarang Ikan Bersama, ini bentuk kebersamaan silaturahmi warga desa,” ungkap Ketua Panitia.

Selain itu, Iin salah satu masyarakat Desa Pulau Beringin, Iin menuturkan, bahwa Bekarang Ikan bersama sudah menjadi tradisi di setiap lapisan masyarakat khususnya di Kikim area dan dilaksanakan pada setiap tahunnya.

“Tradisi dan budaya Bekarang Ikan Bersama ini tetap kita pertahankan dan dilestarikan. Kegiatan ini bernuansa silaturahmi dan kebersamaan masyarakat yang sangat positif,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Kikim Selatan Hermansyah HB SE mengaku, bersyukur warga di Kecamatan Kikim Selatan masih terus melestarikan budaya Bekarang Ikan.

"Penduduk disini masih menunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, yang ditinggal para leluhur, hingga sekarang tetap dijaga kelestariannya," terangnya.

Dirinya menilai, Lubuk Larangan yang ada di desa-desa, selain tradisi di desa juga menjaga kondisi sungai dari ekosistem alam.

“Keberadaan Lubuk Larang sendiri sangat dirasakan yang paling utama kondisi sungai yang masih bagus dan bersih,” kata Hermansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: