Mengintegrasikan Penggunaan SmartPhone di Sekolah Dasar, Peluang dan Tantangan

Mengintegrasikan Penggunaan SmartPhone di Sekolah Dasar, Peluang dan Tantangan

Foto peserta didik belajar menggunakan SmartPhone.-Foto : dokumen mahasiswa UNSRI-

Selain itu, dibutuhkan ketersedian pengajar untuk membimbing peserta didik agar bisa memastikan penggunaan SmartPhone bisa sesuai dengan ekspetasi.

Kesimpulan dari tulisan diatas adalah mengintegrasikan penggunaan SmartPhone di sekolah dasar menawarkan peluang besar kepada pendidik dan peserta didik untuk lebih memajukan pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkembang lagi.

Namun tantangan seperti pengawassn terhadap teknologi yang mudah diakses ini harus dipastikan digunakan secara tepat dan efektif dalam lingkungan pendidikan dasar.

Oleh karena itu, penggunaan SmartPhone dalam pembelajaran di sekolah dasar menurut penulis perlu dan penting sekali, namun harus dipastikan digunakan dengan efektif. 

SmartPhone memang bisa menjadi pembantu yang baik dalam pendidikan, namun peserta didik haruslah tidak terlalu bergantung pada itu. 

Peserta didik tetap harus bisa berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, serta harus peserta didik tak boleh lepas dari pengawasan guru. (*)

 

Oleh : Karya Firly Azikri

Penulis adalah mahasiswi FKIP PGSD Universitas Sriwijaya

Dosen Pengampu : Mazda Leva Okta Safitri, M.Pd. dan Dwi Cahaya Nurani, M.Pd.,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: