Tanam Jagung Sistem Tumpang Sari di Lahan Sawit, Herman Deru Optimis Produksi Jagung Meningkat

Tanam Jagung Sistem Tumpang Sari di Lahan Sawit, Herman Deru Optimis Produksi Jagung Meningkat

Gubernur Sumsel Herman Deru tanam jagung sistem tumpang sari di lahan sawit, dengan pola Corporate Farming atau kerjasama kelompok tani dengan orientasi agribisnis yang dilakukan di Desa Burnai Timur Kabupaten OKI.--

"Tugas P2EP ini memang berat. Tapi ini bisa dibuktikan dengan meningkatnya produksi pertanian. Sumsel sendiri saat ini masuk dalam 5 besar provinsi penghasil pangan. Ini berkat kerja keras semua pihak dan P2EP," paparnya.

Herman Deru menyebut, prestasi di bidang pertanian itu, tentu juga berbarengan dengan literasi tambahan yang dilakukan P2EP sebagai agen laku pandai di sektor perbankan.

BACA JUGA:Smart City Lahat Dulur Kito Permudah Masyarakat

BACA JUGA:83 KPM Desa Tanjung Baru Lahat Terima BLT DD Terakhir Tahun 2022

"Tahun 2019-2020, KUR yang kita sediakan untuk permodalan petani hanya terserap Rp 4,4 triliun. Setalah itu, masuk P2EP sebagai agen laku pandai dan saat ini, serapan KUR mencapai Rp10 triliun," jelasnya.

Tidak hanya itu, sambungnya, yang lebih membanggakan adalah tingkat Non Performing Loan (NPL) KUR tersebut sangat minim.

"Artinya, KUR yang kita siapkan ini meningkat dan kepatutan nasabah terjaga dengan baik. KUR ini sangat dimanfaatkan untuk permodalan para petani dalam meningkatkan produksi pertanian karena adanya jaminan bunga yang rendah," imbuhnya.

Sebab itulah, dia mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan P2EP. Termasuk para penyuluh yang berada dibawah naungan Perhiptani.

BACA JUGA:Hadir di Desa Gunung Kembang, Sekcam Merapi Timur Lahat Sosialisasikan ini

BACA JUGA:Salurkan Bantuan BLT DD, ini yang Disampaikan Kades Prabu Menang Merapi Timur Lahat

"Ketahanan pangan memang harus rrus dijaga. P2EP dan para penyuluh di Perhiptani harus jeli melihat komoditas alternatif yang memiliki potensi besar untuk ditanam. Untuk lahan, bisa dilakukan secara tumpang sari, termasuk pada lahan sawit seperti ini. Apalagi, Sumsel memiliki lahan yang sangat luas," paparnya.

Diketahui, penanaman perdana agribisnis jagung pola corporate farming plus tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru dan pihak terkait lainnya.

Penanaman agribisnis jagung tersebut dilakukan di lahan sawit replanting yang ada di desa setempat.

Kegiatan itu, diawali juga dengan pengkuhan Perhiptani cabang OKI dan penyerahan sapi bakalan program penggemukan sapi.

BACA JUGA:Cara Lengkap Cari POM Listrik lewat PLN Mobile, Liburan Pakai Mobil Listrik makin Asyik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: