Puskesmas Selawi Menggelar Orientasi STBM Mencegah Stunting

Puskesmas Selawi Menggelar Orientasi STBM Mencegah Stunting

Foto bersama di acara Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam mencegah Stunting di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat, Senin 19 Desember 2022.--

BACA JUGA:Dua Pemain Terbaik Piala Dunia 2022, Lionel Messi dan Kylian Mbappe

“Alhamdulillah, di Tanjung Payang, belum ada yang stunting. Kita harapkan kedepan tetap tidak ada. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Puskesmas  Selawi yang telah menggelar kegiatan ini,” ucapnya.

Narasumber dari Puskesmas Selawi, Lisnawati AMd SKM menjelaskan tentang 5 pilar STBM kepada peserta.

Stop buang air besar sembarangan yakni, kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan baik di tempat terbuka atau di jamban, tetapi masih disalurkan langsung ke badan air, atau selokan yang berpotensi menyebarkan penyakit.

Cuci tangan pakai sabun yakni, perilaku cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.

BACA JUGA:Daftar Penghargaan Piala Dunia 2022, Lionel Messi Paling Banyak

Penyehatan air minum dan makanan rumah tangga (PAMMRT) yakni, pengelolaan air minum dan makanan yang aman dan sehat di rumah tangga.

Pengelolaan sampah rumah tangga yakni, kondisi ketika setiap rumah tangga mengelola sampah dengan prinsip pengurangan dan penanganan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dengan indikasi tidak ada sampah berserakan dilingkungan sekitar rumah, tersedia tempat sampah yang tertutup, kuat dan mudah dibersihkan sehingga tidak berpotensi menyebarkan penyakit.

Kelola limbah rumah tangga dengan aman, dengan indicator tidak terlihat genangan air di sekitar rumah. Ada saluran pembuangan limbah cair rumah tangga. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: