Pj Bupati Lahat Hadiri launching bedah Rumah bantuan Sanitasi dan Pemberian makanan Tambahan Tahun 2024

Pj Bupati Lahat Hadiri launching bedah Rumah bantuan Sanitasi dan Pemberian makanan Tambahan Tahun 2024

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi (Tengah)-foto Novri yanto-lahatposco

lahatpos.co – Pj Bupati Lahat Muhammad farid SSTP MSi msi hadir dalam acara  launching bedah rumah bantuan sanitasi dan pemberian makanan tambahan untuk anak stunting se- sumatera selatan.

dalam hal ini pemerintah kabupaten lahat melalui dinas perumahan rakyat kawasan permukiman dan pertanahan (PRKPP) menggelar acara tersebut di desa merapi kecamatan merapi barat, pada rabu 21 februari 2024.

sebagai informasi launching gerakan bedah rumah serentak dilaksanakan bersamaan dengan pemberian bantuan perbaikan sanitasi secara serentak oleh ketua umum tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (tp-pkk) pusat tri tito karnavian.

untuk diketahui ditahun 2024 pemerintah kabupaten lahat melakukan program bedah rumah sebanyak 700 unit yang terbagi di 37 desa dan 12 kecamatan.

dalam sambutanya Pj Bupati Lahat Muhammad farid SSTP MSi mengungkapkan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rumah layak huni terdiri dari beberapa faktor antara lain struktur bangunan yang kokoh, kecukupan luas bangunan serta akses sanitasi dan akses air minum yang bersih.

berdasarkan hasil survei dari dinas perumahan rakyat kawasan permukiman dan pertanahan didapat data rumah tidak layak huni sebanyak 6971 unit dan data dari dinas kesehatan  balita stunting di kabupaten lahat berjumlah 373 anak, ujarnya.

dirinya menambahkan, pemerintah kabupaten lahat melalui dinas perumahan rakyat kawasan permukiman telah melakukan program bedah rumah dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 sebanyak 1455 unit yang bersumber dari dana apbd, apbn dan csr, ujar bupati

dirinya berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan masyaraka, Tukasya.

Sementara itu Kepala Dinas PRKPP Kabupaten Lahat Limrah Naupan ST.MT mengatakan, pada tahun anggaran 2024 Pemerintah Kabupaten Lahat akan melakukan penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 700 unit yang bersumber dari Dana APBD, Jelasnya,

Dirinya menambahkan, alhamdulilah pada tahun 2024 juga PT. MIP (Adaro Mining) membantu penanganan RTLH Sebanyak 5 Unit Rumah, yang menggunakan Dana CSR PT. MIP (Adaro Mining),

"Tak hanya bantuan Pemerintah, peran PT. MIP (Adaro Mining) juga sangat membantu dalam terealisasi nya bedah rumah ini. Terlebih memang sudah dianggarkan melalui CSRnya. Dengan di launching kegiatan bedah rumah pada hari ini, saya berharap kedepan akan semakin banyak perusahaan-perusahaan yang turut membantu dalam merealisasikan bedah rumah di Kabupaten Lahat," tuturnya

Untuk diketahui Bedah Rumah bantuan PT. MIP (Adaro Mining) akan dibagi di 5 desa, antara lain Desa merapi, Desa telatang, Desa muara maung, Desa kebur dan Desa gunung kembang  kecamatan merapi timur.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co