Berbagai Usulan Dari Rembuk Stunting Desa Ulak Pandan, ini Hasilnya

Berbagai Usulan Dari Rembuk Stunting Desa Ulak Pandan, ini Hasilnya

Sambutan Kades Ulak Pandan Dalam Rembuk Stunting Desa Ulak Pandan --

LAHATPOS.CO, Merapi barat - Dalam rangka pelaksanaan percepatan dan pencegahan Stunting pemerintah Desa Ulak Pandan bersama dengan jajaran Kecamatan Merapi Barat, BPD, PKK Desa,Kader Posyandu,Puskesmas Merapi II dan pihak terkait menggelar Rembuk Stunting tahun 2023 yang dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat.Kamis 28 Desember 2023.

Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024 serta  menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten Lahat terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan Dana Desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan Stunting.

Kepala desa Ulak Pandan Sefran Alberlin S.STP M.Si mengatakan bahwa pemerintah desa Ulak Pandan bersama pihak terkait terus berkordinasi dengan berbagai lintas sektor terkait pencegahan dan penanganan Stunting di Desa Ulak Pandan.

Menurut Sefran Program pencegahan Stunting ini harus dilaksanakan secara terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor karena  persoalan Stunting ini merupakan jadi sangat urgen  maka diwajibkan bagi setiap desa untuk menuangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa dan APBDes untuk program penanganan dan pencegahan stunting.

Dari hasil rembuk Stunting yang dilaksanakan ada beberapa usulan yang disampaikan oleh masyarakat seperti diantaranya perwakilan dari Kader Balita yang mengusulkan timbangan Balita, alat ukur tinggi badan (Digital) dan Susu.

Kemudian kader lansia juga mengusulkan   timbangan lansia, alat tensi, alat tes Kolestrol, Alat cek Gula Darah serta makanan tambahan.

Sedangkan untuk Paud penyediaan alat  pengukur tinggi badan, timbangan dan  pengukur kepala.

Dan usulan dari Bidan Desa untuk ibu Hamil yaitu pengadaan alat cek KB.

Sementara dari hasil kesepakatan rembuk Stunting dari prioritas usulan yang dikerjakan dari Dana Desa yang pertama adalah pembuatan baju batik dan baju olahraga Kader.

Kemudian pengadaan sound system untuk senam lansia. Susu untuk Balita serta makanan tambahan untuk Lansia (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: