Dana BLT Triwulan lV Desa Tanjung Raja Selesai Disalurkan

Dana BLT Triwulan lV Desa Tanjung Raja Selesai Disalurkan

Kades Tanjung Raja, Rismanto menyerahkan dana BLT triwulan lV kepada salah satu KPM, Sabtu 17 Desember 2022, -Novri-lahatpos.co--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang terimbas dari Covid-19 untuk tahun anggaran (TA) 2022 telah selesai dibagikan.

Nah, salah satunya Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Raja, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat dengan menyerahkan dana triwulan lV yakni, Oktober, November dan Desember sebesar Rp 900.000 untuk tiga bulan.

"Betul, ini merupakan dana BLT tiga bulan terakhir di 2022, yang kita distribusikan langsung kepada penduduk desa yang terkena dampak dari covid-19," jelas Kepala Desa (Kades) Tanjung Raja, Rismanto, Sabtu 17 Desember 2022.

Rismanto menyampaikan, dana tersebut diberikan kepada 56 keluarga penerima manfaat (KPM), supaya dipergunakan untuk kepentingan keluarga, bukannya dibelanjakan tidak sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Desa Manggul Terima Program TKM Pemula Kemnaker RI, Perjuangan Anggota DPR RI Sri Meliyana

"Tentunya, dengan dana BLT ini, warga dapat sebijak mungkin dalam mempergunakan uang tersebut, untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari," ucapnya.

Kini, sambung dia, pada tahun anggaran (TA) 2023 tetap dimasukkan ke dalam anggaran pendapatan belanja desa (APBDes), hanya saja, pihaknya tetap menunggu petunjuk selanjutnya dari pemerintah pusat.

"Kita masukkan ke dalam APBDes 2023, akan tetapi, untuk realisasinya tetap mengacu petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksana (Juklak) dari Kementerian Desa," sebut Rismanto.

Rismanto berharap, agar sekiranya kepada penduduk desa beraktifitas seperti biasa, lakukan untuk mendapatkan rezeki dari pendapatan lain.

BACA JUGA:Penantian nan Panjang, Kini Terjawab Dibawah Kepemimpinan CAHAYA

"Karena mayoritas mata pencaharian penduduk di Desa Tanjung Raja, rata-rata berkebun dan pastinya ada sedikit banyak pemasukan dari sana, guna menyambung hidup keluarga secara baik," bebernya.

Senada, Kades Simpur, Nidi Heriansyah mengemukakan, pihaknya juga telah selesai mendiskusikan dana BLT kepada penduduk terkena dampak dari virus covid-19 selama kurun waktu dua tahun terakhir ini.

"Alhamdulillah, semuanya telah kita salurkan kepada yang berhak, dan pada TA 2023 sembari menunggu pengumuman dari Pemerintah Pusat, agar tidak menyalahi prosedur yang berlaku," terangnya.

Ia meminta, kepada warganya yang selama ini menerima dana BLT Covid-19, untuk tidak berharap-harap atau menunggu bantuan semata, tetapi, untuk beraktifitas seperti berkebun ataupun bersawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: