Perkuat Sumsel Mandiri Pangan, ICMI Kembangkan Sorgum Sebagai Panganan Lokal

Perkuat Sumsel Mandiri Pangan, ICMI Kembangkan Sorgum Sebagai Panganan Lokal

Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima audiensi pengurus ICMI Sumsel, bertempat diruang yamu gubernur, Senin (12/12) siang. --

PALEMBANG- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mendukung penuh inisiasi Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI)  Sumsel yang mendukung ketahanan pangan  Sumsel dengan mengembangkan  tanaman sorgum di sejumlah pesantren  sebagai pangan lokal.  

Saat menerima audiensi pengurus ICMI Sumsel, bertempat diruang yamu gubernur, Senin (12/12) siang. Gubernur Herman Deru memberikan dukungannya pada ICMI dan beeharap tanaman sorgum  lebih dikenalkan pada masyarakat sebagai alternatif pangan.

“Sosialisasikan pada masyarakat  manfaat sorgum sebagai panganan  alternatif. Termasuk sosialisasi pada  petani,” imbuhnya.

Herman Deru menyebut  sorgum merupakan  tanaman yang tahan dengan cuaca kering karena tidak memerlukan banyak air selama dalam pertumbuhannya.

BACA JUGA:Jalankan Visi Menteri BUMN, Dirut PLN Dinobatkan Jadi CEO of The Year

BACA JUGA:Desa Sirah Pulau Tuan Rumah Launching Kampung KB

“Ini kita salut penciptaan ide itu. Sorgum komoditas yang sangat  luar biasa. Meski masih  jarang ditemui di Indonesia. Sorgum  juga alternatif pengganti beras merah,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris ICMI Sumsel Dr. Bahrul Ilmi Yakub. S.H., M. h., CGL dalam kesempatan program ICMI kepada  Gubernur Herman Deru selaku Dewan Penasehat ICMI Sumsel.

Diantaranya yang dilaporkan terkait agendan silturahmi nasional. Serta  kegiatann penanaman sorgum di Provinsi Sumsel.

"Dalam mendukung ketahanan pangan Sumsel, kita akan lakukan demplot sorgum  di pesantren.  Alahamdulillah mendapat respon positif  darinGubernur,” tandasnya.

BACA JUGA:Cek Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 405-03/Kikim Datangi Kebun Warga Pagarjati

BACA JUGA:Dua Babinsa Koramil 405-12/Kota Lahat Monitor Tim OP Murah

Untuk diketahui Sorgum merupakan tanaman sebaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku induatri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke 5 setelah gandum, jagung, padi dan jelaj. Sorgum merupakan makanan pokok.lenting di asia selatan dan afrika. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: