Desa Sirah Pulau Tuan Rumah Launching Kampung KB

Desa Sirah Pulau Tuan Rumah Launching Kampung KB

Kepala Dalduk dan KB Lahat serta Camat tiga kecamatan, kades dan kader PKK berfoto bersama dalam launching Kampung KB, Senin 12 Desember 2022, -ist-lahatpos.co--

KIKIM SELATAN, LAHATPOS.CO - Desa Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan ditunjuk sebagai lokasi penghelatan kegiatan launching Kampung Berkualitas untuk tiga kecamatan yakni, Kikim Selatan, Barat dan Tengah sekaligus.

"Saya sangat bangga dan senang, karena desa kami ditunjuk sebagai tuan rumah, penghelatan launching Kampung Keluarga Berkualitas (KB) untuk tiga kecamatan sekaligus," jelas Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Jayus Oktonianto, Senin 12 Desember 2022.

Jayus Oktonianto menerangkan, bahwasanya Kampung Keluarga Berkualitas didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa, dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan, pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya. Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. 

"Maka perlu didorong penyelenggaraan kampung KB di setiap desa kelurahan," ulasnya.

BACA JUGA:Dua Babinsa Koramil 405-12/Kota Lahat Monitor Tim OP Murah

BACA JUGA:Rusilawati Temukan Bayi Perempuan di Depan Rumahnya

Adapun tugas, masih kata dia, dari kampung KB membentuk, membina dan mengembangkan Bina Keluarga Balita (BKB). Membentuk membina dan mengembangkan Bina Keluarga Remaja (BKR). Membantu membina dan mengembangkan, Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Pendidikan Anak Usia Dini. 

“Itulah tugas sebagai kampung KB yang telah di launching hari ini dan diikuti oleh desa-desa dari tiga kecamatan di Kikim Area. Yang paling utama cukup 2 anak agar menjadi keluarga berencana," tukas Jayus Oktonianto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) Lahat, Ujang Kurniawan SE MM mengatakan, bahwa BKKBN melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana. 

"Pemerintah saat ini khususnya Pemkab Lahat melaksanakan Kampung KB, yang telah dilakukan penilaian oleh tim penilai Kampung KB," ujarnya.

BACA JUGA:Dinas Perikanan Empat Lawang direncanakan Akan Tebar Satu Juta Benih Ikan

BACA JUGA:BLK Lahat Buka Pendaftaran Pelatihan Kejuruan, Lihat Persyaratan Disini

Dia mengemukakan, pelaksanaan launching Kampung KB ini sesuai dengan jadwal akan dihadiri langsung Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati SHut MM, namun beliau berhalangan hadir karena ada tugas lain yang tak dapat ditinggalkan. 

“Kita yakin dan percaya pelaksanaan launching kampung keluarga berkualitas tingkat kecamatan ini akan menjadikan lahat semakin bercahaya," beber Ujang Kurniawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: