PT KAI Divre III Palembang Gencar Selamatkan Aset Negara dengan Penertiban dan Sertifikasi

PT KAI Divre III Palembang Gencar Selamatkan Aset Negara dengan Penertiban dan Sertifikasi

PT KAI Divre III Palembang melakukan penertiban aset negara di Desa Tanjung Jambu Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Rabu (19/10/2022) lalu.-Foto : dokumen PT KAI Divre III Palembang -

LAHATPOS.CO, Palembang - Sebagai upaya untuk menyelamatkan aset negara yang berada di wilayah Divre III Palembang, PTKAI Divre III kembali melakukan penertiban lahan sebagai wujud keseriusan PT KAI dalam menjaga aset negara sekaligus melakukan optimalisasi aset.

Penertiban yang telah dilaksanakan Rabu (19/10) lalu  berlokasi di Desa Tanjung Jambu dan sebelumnya di Desa Gedung  Agung Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat. 

Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, lahan milik KAI di dua desa tersebut seluas 64.532,5 m2 yang selama ini digunakan masyarakat tanpa perikatan yang sah dengan PTKAI, dan sebelumnya pihak PTKAI telah melakukan koordinasi kepada 24 warga yang memanfaatkan lahan tersebut akan dilaksanakan penertiban, dan bukan tanpa pemberitahuan.  

“Sebagai bukti kepemilikan PTKAI atas lahan tersebut adalah sertifikat HGB nomor 19 tahun 2019,” ujar Aida kepada lahatpos.co, Jumat 21 Oktober 2022.

BACA JUGA:Warga Bandar Agung ini Punya 100 Tanaman Kaktus

Lebih lanjut Aida menjelaskan penertiban dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku melalui tahapan-tahapan sosialisasi, pemberitahuan melalui surat resmi dan pada saat penertiban didampingi aparat kewilayahan, TNI dan Polri. 

Dari 24 warga yang menggunakan lahan tersebut, 17 warga di Desa Gedung Agung dan 7 warga di Desa Tanjung Jambu, 21 warga telah menyerahkan kembali lahan tersebut kepada PTKAI, dan 3 warga masih belum ada kesepakatan meskipun pendekatan persuasif, pemberitahuan secara resmi dan upaya pendekatan lainnya telah dilakukan oleh PTKAI, sehingga penertiban tetap kami laksanakan untuk menyelamatkan aset serta optimalisasi aset negara ini, jelas Aida.

Aida menuturkan KAI terus melakukan berbagai upaya dalam mengamankan aset-aset perusahaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, diantaranya dengan menjaga aset negara yang dapat digunakan untuk kepentingan bangsa. “Semua prosedur sebelum dilakukan penertiban termasuk aturan yang digunakan terus kami patuhi,” tutup Aida. (pur)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: