KPU Empat Lawang Mulai Verifikasi Tujuh Parpol Non Parlemen Parpol Baru

KPU Empat Lawang Mulai Verifikasi Tujuh Parpol Non Parlemen Parpol Baru

Suasana rakor persiapan pelaksanan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024, di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi.-Foto : Sumantri/lahatpos-

LAHATPOS.CO, Empat Lawang - Komisi Pilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, mulai melakukan tahapan verifikasi faktual terhadap 7 Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2024, di Kabupaten Empat Lawang.

Ketua KPU Empat Lawang Eskan Budiman, mengatakan, ke 7 parpol peserta pemilu 2024 tersebut, terdiri dari parpol non parlemen dan parpol baru.

"Khusus di Empat Lawang 7 parpol, 4 parpol non parlemen, dan 3 parpol baru," kata Eskan, disela-sela Rapat Koordinasi (rakor) persiapan pelaksaan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024.

Dijelaskan Eskan, ada 18 parpol peserta pemilu 2024, terdiri dari parpol parlemen dan 9 parpol non parlemen dan baru. Dari 9 parpol non parlemen dan parpol baru tersebut 2 parpol tidak ada kepengurusannya di Empat Lawang.

"Dua parpol itu Partai Buruh dan Partai Gelora. Sehingga hanya 7 parpol yang akan KPU Empat Lawang lakukan verifikasi faktualkan," jelasnya.

Verifikasi faktual ini ditambahkan Eskan, dilakukan secara berjenjang mulai dari KPU RI sampai KPU Kab/Kota. Waktu verifikasi faktual dari tanggal 15 Okteber sampai dengan tanggal 4 November 2022.

"Yang di verifikasi itu, kepengurusan parpol, sekretariat partai politik, keanggotaan partai politik dan memperhatikan keterwakilan 30% perempuan," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, rakor ini merupakan sarana silaturahmi antara penyelenggara dengan calon peserta pemilu dan antar sesama calon peserta pemilu (antar Parpol). 

"Rakor ini juga merupakan langkah persiapan untuk melaksanakan verifikasi faktual parpol peserta pemilu 2024. Dan untuk mempermudah proses verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu 2024," pungkasnya. (smt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: