Ka Lapas Lahat Hadiri Pembukaan TMMD di Desa Pagar Batu Lahat

Ka Lapas Lahat Hadiri Pembukaan TMMD di Desa Pagar Batu Lahat

Ka Lapas Lahat menghadiri pembukaan TMMD di Desa Pagar Batu, Lahat.-Foto : dok/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Lahat - Bertempat di Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Lapas Kelas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel menghadiri upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 TA 2022 yang mengambil tema " TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI," Selasa 11 Oktober 2022.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan. 

Bupati Lahat Cik Ujang SH bertindak selaku Inspektur Upacara dan sekaligus membuka secara langsung TMMD Ke-115 tahun 2022 di Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat mengatakan, TMMD ini lebih kurang satu bulan kedepan para prajurit TNI dan Polri, pemerintah daerah, komponen masyarakat akan bahu membahu bekerjasama dengan semangat gotong royongan untuk mensukseskan program TMMD. 

Program TMMD merupakan implementasi dan sinergitas dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa termasuk didalam membangun infrastruktur dan program lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Program TMMD ini ada enam sasaran diantaranya adalah pembangunan fisik pembangunan infrastruktur diantaranya berupa pembangunan pembukaan jalan baru, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), pos kampling, perehaban masjid serta pembangunan MCK yang di lengkapi sumur bor dengan air bersih sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih guna mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat dan bersih dan pemanfaatan air bersih dalam kehidupan juga dapat mencegah stunting di dalam kehidupan masyaraka. 

Selain itu sasaran non fisik berupa  penyuluhan ke masyarakat antara lain tentang wawasan kebangsaan, bela negara cinta tanah air, tentang bahaya narkoba, bahaya stunting, fogging , donor darah sunatan massal, pembagian peralatan sekolah, vaksinasi dan lainnya.

Di tempat yang sama, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengatakan "Terimakasih banyak atas dukungan Bupati Lahat Cik Ujang SH, seluruh komponen pemerintah daerah, juga dari Kapolres Lahat dan seluruh instansi terkait serta elemen masyarakat lainnya di dalam TMMD ini yang bersinergi bersama dalam  mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami dari TNI terus mendukung dan membantu pemerintah daerah khususnya Bapak Bupati Lahat untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Lahat Sejahtera," katanya.

Kepala Lapas Kelas II A Lahat Soetopo Berutu mengatakan sangat mendukung dengan terselenggaranya TMMD ini.

"Ini merupakan bentuk sinergitas kami Lapas Lahat dengan Pemerintah daerah dan instansi penegak hukum lainnya. Lapas Lahat siap mendukung kegiatan kegiatan di bumi Seganti Setungguan ini apalagi kegiatan ini membawa manfaat yang banyak  untuk masyarakat," ujar Soetopo.

Dalam kegiatan ini dihadiri Bupati Lahat Cik ujang SH dan Dandim0405  Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP, Kapolres jLahat AKBP Eko Sumaryanto Sik, Kalapas Lahat Soetopo Berutu, Ketua Pengadilan Negeri Lahat yang diwakili, Kejari Lahat yang diwakili, Ketua GOW Lahat, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Kepala OPD/badan, dari Bank Sumsel Babel, camat, tokoh masyarakat,karang taruna dan undangan lainnya. (Tim Humas Lapas Lahat/dian)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: