Conten Writer
GP ANSOR

Inginkan Ketahanan Pangan Berhasil Pemdes Payo Gelar Penyuluhan Pertanian

Inginkan Ketahanan Pangan Berhasil Pemdes Payo Gelar Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan pertanian di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat.-Foto : Purwanto-

MERAPI BARAT, LAHATPOS.CO – Penerima bibit tanaman bantuan ketahanan pangan mendapatkan penyuluhan pertanian. 

Tim dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat, melalui Kepala Dinas Eti Listina SP MM yang disampaikan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Payo, Okta Susila AMD didampingi Koordinator POPT Kabupaten Lahat dan pimpinan BPP Merapi Barat. 

Memberikan penyuluhan pertanian kepada penerima bibit tanaman bantuan ketahanan pangan untuk tanaman bibit padi, jagung manis dan kangkung.

Kegiatan ini berlangsung di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat, Kamis 22 September 2022.

Penyuluh Pertanian Desa Payo, Okta Susila AMd menuturkan, tujuan kegiatan penyuluhan pertanian ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan kepada petani, sehingga nantinya dapat diterapkan di lahan pertanian yang akan digarap.

“Diharapkan dapat menghasilkan produksi yang melimpah serta mengetahui cara Pengendalian Hama dan Penyakit secara PHT (Pengendalian Hama Terpadu),” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Payo, Hernisawati menjelaskan bahwa penyuluhan pertanian dari Kabupaten Lahat ini, merupakan penyuluhan terhadap penerima bantuan bibit untuk ketahanan pangan yang telah disalurkan kepada 70 petani di Desa Payo beberapa waktu lalu.

Tujuannya, sambung Nisa , agar bantuan bibit yang sudah diberikan bisa dimanfaatkan secara maksimal, dan mengetahui aturan dalam pertanian dan meminimalisir kegagalan.

Sehingga diharapkan dengan adanya penyuluhan ini, hasil yang peroleh dapat lebih maksimal dan lebih melimpah sesuai dengan yang kita inginkan bersama.

Sementara itu Camat Merapi Barat melalui Sekcam, Dahrifagustian SP MM menyambut baik, dan mengapresiasi program penyuluhan pertanian di Desa Payo, yang merupakan bantuan program ketahanan pangan.

“Kita berharap program ini bisa terus digulirkan terus menerus dan berkesinambungan,” ucapnya.

Harapannya kegiatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga program yang sudah diberikan oleh pemerintah desa dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Payo.

“Harakan kita, program ini bisa terus memajukan Desa Payo melalui ketahanan pangan di bidang pertanian,” pungkasnya. (*)

Sumber: