Temukan Hotspot, Babinsa Berjibaku Padamkan Api

Temukan Hotspot, Babinsa Berjibaku Padamkan Api

LAHAT, LAHATPOS.CO - Kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi momok yang sangat diwaspadai, apabila masuk musim kemarau seperti sekarang ini. Terlebih lagi, bagi masyarakat desa yang membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP melalui Pasi Ops, Kapten Inf Heru Winardi Amd mengemukakan, baru-baru ini, anggotanya berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar sebuah lahan yang memang sengaja dibakar oleh sekelompok masyarakat.

"Untuk lokasinya sendiri belum bisa dijelaskan, hanya saja, anggota babinsa yang berpatroli dengan Manggala Agni dan Polsek memadamkan api tersebut, agar tidak menjalar ke mana-mana," jelasnya, Minggu (24/7/2022).

Dirinya menambahkan, sesuai arahan pada saat apel kesiapsiagaan Karhutla, TNI/Polri, Manggala Agni terus melakukan pemantauan dengan menyelusuri hutan-hutan yang ada di Kabupaten Lahat ini.

BACA JUGA:Gapura Perbatasan Lahat-Muara Enim Tak Terurus

"Kita juga, memberikan pengarahan serta pembinaan kepada warga yang membuka lahan untuk berkebun, untuk tidak dibakar karena akan menimbulkan titik api yang terbaca oleh satelit," terang Heru Winardi.

Apabila, sambung Heru Winardi, mereka tidak mengindahkan arahan dari anggota, maka, sanksi tegas berupa denda atau hukuman penjara akan menanti bagi pelaku pembakaran hutan.

"Bukan hanya menimbulkan asap saja, habitat didalam hutan pun akan ikut punah. Makanya kita akan meminimalisir sedini mungkin, agar hotspot tidak muncul di Bumi Seganti Setungguan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: