Bersama Masyarakat Desa, Medco E&P Kembangkan Tanaman Sayuran Organik di Suka Harjo dan Purwaraja

Bersama Masyarakat Desa, Medco E&P Kembangkan Tanaman Sayuran Organik di Suka Harjo dan Purwaraja

Bersama Masyarakat Desa, Medco E&P Kembangkan Tanaman Sayuran Organik di Suka Harjo dan Purwaraja.-foto: lahatpos.co-

Lahatpos.co, Kikim Timur - Medco E & P Indonesia (Medco E&P) sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas berkomitmen untuk terus berkontribusi melalui program pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasinya. 

Dalam pelaksanaan aktivitasnya, KKKS Medco E & P Indonesia (Medco E&P) melakukan program pengembangan ekonomi masyarakat, diantaranya adalah pengembangan tanaman sayuran organik, pelatihan dari pendamping lokal serta bantuan bibit sayuran, waring dan pupuk kompos di Kantor Desa Suka Harjo dan Kantor Desa Purwaraja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat pada Kamis (26/9).


KKKS Medco E & P Indonesia (Medco E&P) melakukan program pengembangan ekonomi masyarakat di Kantor Desa Suka Harjo dan Kantor Desa Purwaraja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat pada Kamis (26/9).-foto: lahatpos.co-

Kegiatan ini diikuti oleh 29 orang dari Desa Suka Harjo dan 35 orang dari Desa Purwaraja yang juga dihadiri  Kasie Kesejahteraan Rakyat Suka Harjo Sumadi, Ketua Kelompok Wanita Tani Suka Harjo Faizah, Kepala Desa Purwaraja Dirsan Hadi, Ketua Penggerak PKK Desa Purwaraja Lydia Puspita, Narasumber Lokal Rahmat dan Eni Susanti, Pendamping Desa M. Zulfahmi, Perwakilan Medco E&P Indonesia Officer Relcom Enhancement Area 1 Inawan Rusdi dan Support Relcom Enhancement Area 1 Yudhia Karmina. 

Materi yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan ekologi tanah, ekosistem tanaman, kompos dan mol, pengolahan lahan, penanaman, perawatan dan pengendalian hama serta panen.


Peserta pelatihan program pengembangan ekonomi masyarakat di Kantor Desa Suka Harjo dan Kantor Desa Purwaraja, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat pada Kamis (26/9).-foto: lahatpos.co-

Sumadi menyampaikan terima kasihnya kepada Medco E&P Indonesia yang kembali melaksanakan kegiatan ini. 

“Kelompok Wanita Tani (KWT) sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan berbagi ilmu kembali tentang pertanian organik.” jelasnya. 

Sementara itu di tempat yang berbeda, Dirsan Hadi juga menyampaikan terima kasihnya kepada Medco E&P Indonesia. 

“Sharing ilmu inilah yang ditunggu-tunggu karena sejak pandemi hal ini jadi vakum, kami butuh  pelatihan  untuk peningkatan sumber daya manusia desa kami, karena kalau kita mau training lagi membutuhkan biaya besar dan kali ini pihak Medco kembali memberikan sharing ilmu secara gratis.” tegasnya.

Perusahaan berupaya untuk turut meningkatkan potensi setempat. 

“Kegiatan ini merupakan upaya Perusahaan membangkitkan potensi yang ada di Desa Suka Harjo dan Desa Purwaraja dalam mendukung kemajuan ekonomi. Semoga bantuan ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat,” ujar Inawan Rusdi mewakili Manager Field Relations & Community Enhancement Medco E & P Indonesia Hirmawan Eko Prabowo. 

“Kegiatan ini sudah pernah kita lakukan sebelum pandemi, saat ini kita coba untuk refresh kembali dan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi untuk pengembangan sayuran organik, program ini juga mensupport program pemerintah bidang ekonomi untuk ketahanan pangan, dan dari sisi program lingkungannya. Harapannya bisa di implementasikan ke masyarakat dengan pemanfaatan pekarangan rumah masing-masing.” tambahnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: