Melihat 10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur, Bikin Anak Betah, Mengusung Konsep Modern

Melihat 10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur, Bikin Anak Betah, Mengusung Konsep Modern

Rekomendasi Pondok Pesantren -sumber foto google-lahatposco

 

Lahatpos.co - Rekomendasi 10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur.

 

Bagi umat muslim salah satu syarat wajib untuk aman dunia akhirat adalah pondasi agama yang kuat.

 

Menanamkan pondasi agama yang kuat sejak dini kerap dilakukan orang tua saat ini.

 

Nah bagi kamu yang tertarik untuk menanamkan pondasi agama yang kuat dengan konsep modern, agar anak tidak jenuh dalam menuntut ilmu agama, berikut kami berikan Rekomendasi 10 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur.

 

1. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor
Jauh sebelum Ponpes ini berdiri, terlebih dahulu didirikan Pondok Tegalsari yang menjadi cikal bakalnya pada abad ke-18 oleh Kyai Hasan Bashari. Terdapat seorang santri paling menonjol bernama Sulaiman Jamaluddin yang kemudian mendapat kepercayaan dari kyainya untuk mendirikan ponpes di Gontor.

 

Jenjang Pendidikanvformal terdiri dari Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (pendidikan tingkat menengah untuk santri putra) dan Kulliyatul Mu'allimat Al-Islamiyyah (pendidikan tingkat menengah untuk santri putri). 4 Juli 2014 silam pondok modern ini resmi mendirikan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA). 

 

2. Alamat: Ds. Gontor, Kec. Mlarak, Kab. Ponorogo, Jawa Timur

 

Pondok Pesantren Sidogiri
Ponpes Sidogiri disebut sebagai salah satu yang tertua di Indonesia. Diperkirakan telah didirikan sejak tahun 1745 oleh Sayyid Sulaiman. Sayyid ini memiliki garis keturunan dari Sunan Gunung Jati.

 

Jenjang pendidikan di Ponpes Sidogiri terdiri dari 4 tingkatan yang tergabung dalam Madrasah Miftahul Ulum yakni tingkat Idadiyah (program baca kitab cepat bagi santri usia dini), Ibtidaiyah (Sekolah Dasar), Tsanawiyah (Sekolah Menengah Pertama), dan Aliyah (Sekolah Menengah Atas). Ponpes ini juga memiliki 17 pemukiman santri.

 

Alamat: Jalan Raya Sidogiri, Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan

 

3. Pondok Pesantren Tebu Ireng

 

Ponpes satu ini terkenal karena sejumlah alumni ternamanya seperti KH Abdurrahman Wahid yakni Presiden Keempat Republik Indonesia dan KH Ma'ruf Amin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Ponpes Tebu Ireng didirikan pada 1899 oleh KH Hasyim Asy'ari.

 

Jenjang pendidikan di mulai dari SD hingga SMA. Kurikulum yang berlaku yakni pendidikan agama Islam termasuk Fiqh, Ushul Fiqh, Ahlak, Tasawuf, dan ilmu pengetahuan umum serta pendidikan bahasa meliputi Bahasa Arab dan Inggris.

 

Alamat: Jl. Irian Jaya No.10, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co