Pj Bupati Lahat Hadiri Launching Kick Off Intervensi Serentak Cegah Stunting Tahun 2024

Pj Bupati Lahat Hadiri Launching Kick Off Intervensi Serentak Cegah Stunting Tahun 2024

Pj Bupati Lahat Hadiri Launching Kick Off Intervensi Serentak Cegah Stunting Tahun 2024-Foto Novri Yanto-lahatpos.co

Lahatpos.co - Penjabat (Pj) Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi hadir dan membuka secara langsung Kick Off Intervensi Serentak Cegah Stunting di Kabupaten Lahat Tahun 2024, Kamis 13Juni 2024.

Sebagaimana diketahui Kegiatan ini ditargetkan untuk pasangan usia subur dengan resiko stunting dan juga Balita di Kabupaten Lahat. 

Selain itu Stunting sendiri merupakan permasalahan kekurangan gizi utama balita Indonesia saat ini. Stunting disebabkan karena kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama dan penyakit infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan berada di bawah standar. Selain itu, kejadian stunting pada balita juga erat kaitannya dengan status kesehatan ibu pada saat hamil dan masa sesudah hamil.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lahat melakukan upaya penting dengan melaksanakan Launching Kick Off Intervensi Serentak Cegah Stunting di Kabupaten Lahat Tahun 2024 yang dilaksanakan di Kelurahan RD PJKA Bandar Agung dan nampak dihadiri secara langsung oleh Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi, Sekda Lahat Chandra SH, Kepala Dinas Kesehatan Lahat Taufik M Putra SKM MM, Dandim 0405/Lahat, Kepala Puskesmas, Kapolres Lahat, Camat Se- Kabupaten Lahat, Lurah, Ketua Forum Kades, anggota TP PKK, Perwakilan Anggota Dharma Wanita, BAZNAS, Asisyiah dan BPS. 

Dalam laporannya Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Lahat Chandra.,SH.MM menyampaikan, Tujuan pelaksanaan kegiatan intervensi serentak pencegahan yaitu mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu.

 

"Kick off intervensi serentak pencegahan stunting di Kabupaten Lahat Tahun 2024 dilaksanakan pada Kamis 13 Juni 2024, bertempat di Posyandu Segar Sari Kelurahan RD PJKA Bandar Agung Kecamatan Lahat," sampainya.

Chandra menambahkan, Kabupaten Lahat memiliki 35 Puskesmas, 360 Desa, 17 Kelurahan dan 454 Posyandu Balita. Pada tanggal 1 - 11 Juni 2024 sudah ada 98 Posyandu di Kabupaten Lahat yang telah melaksanakan kegiatan kick off intervensi serentak cegah stunting serta 356 Posyandu yang akan segera melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan jadwalnya masing-masing," jelas Chandra.

Sementara dalam sambutannya Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si menyampaikan, Hari ini adalah hari yang baik, di karenakan Kabupaten Lahat merupakan Kabupaten terendah di Sumatera Selatan terkait pencapaian stunting di angka 7,1%.

"Saya berharap untuk kedepannya harus kita tingkatkan lagi. Saya juga mengucapkan Terima kasih kepada Pak Sekretaris Daerah Lahat dan jajaran yang telah bekerja keras sehingga berhasil menurunkan angka stunting di Kabupaten Lahat. Namun itu bukan hanya dilakukan pencegahan sejak dini, tapi harus di awali dengan pemahaman tentang stunting," ungkapnya.

 

Ini tentunya, sambung Farid, apapun yang kita lakukan tidak di berkati oleh Allah SWT, itu semua akan sia-sia. 

 

"Semoga setiap gerak nafas kita di berkati oleh Allah SWT," tutup Pj Bupati Lahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co