Mengenal 3 Sumber Mata Air Yang Mengalir di Sungai Lematang, Salah Satunya Ayek Puding

Mengenal 3 Sumber Mata Air Yang Mengalir di Sungai Lematang, Salah Satunya Ayek Puding

Jembatan Lematang Lahat-Foto Novri Yanto-lahatpos.co

Lahatpos.co - Sebagaimana yang diketahui, Sungai Lematang Merupakan salah satu sungai kebanggan masyarakat yang bermukim di Kota Pagar Alam, Penukal Abab Lematang Ilir, Kota prabumulih, Kabupaten Muara Enim dan Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat

Bagi masyarakat kabupaten Lahat Sungai Lematang merupakan salah satu ikon yang wajib di jaga selain Bukit Serelo. 

Panorama alam yang ditawarkan Sungai Lematang tak main main, banyak wisatawan yang sudah mengakui keindahan dan serta keramahan panorama alam di sepanjang aliran sungai Lematang. 

Sungai Lematang yang membentang panjang dan sangat lebar akan menyegarkan pandangan mata pengunjungnya. Airnya yang berarus deras jadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung. 

Namun apakah kamu tauh, dari mana sih sumber mata air yang mengalir di Sungai Lematang hingga hari ini? 

Melansir dari Wikipedia, Sumber air Sungai Lematang berasal dari tiga mata air yaitu Ayek Puding, Ayek Ringkeh, dan Ayek Basemah yang terdapat di area Hutan Adat Mude Ayek Tebat Benawa, Kota Pagar Alam. Hutan adat ini, termasuk mata airnya, dijaga dan dikelola oleh masyarakat adat Puyang Kedung Samad. 

Selain itu, Hulu Sungai Lematang berada di kaki Gunung Patah yang masuk dalam rangkaian Pegunungan Bukit Barisan yang membentang indah hingga hari ini. 

Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co