Penatalaksanaan Pasien Post Stroke di Rumah By Abdul Somad, M.Kes, Dosen Prodi Keperawatan Lahat

Penatalaksanaan Pasien Post Stroke di Rumah By Abdul Somad, M.Kes, Dosen Prodi Keperawatan Lahat

Penatalaksanaan Pasien Post Stroke di Rumah By Abdul Somad, M.Kes, Dosen Prodi Keperawatan Lahat.-Foto: lahatpos.co-

Penatalaksanaan Pasien Post Stroke di Rumah

By Abdul Somad, M.Kes

Dosen Prodi Keperawatan Lahat

Stroke adalah suatu sindrom klinis dengan gejala berupa gangguan fungsi otak secara fokal atau global, yang dapat menimbulkan kematian atau kelainan yang menetap lebih dari 24 jam tanpa penyebab lain kecuali gangguan vaskuler.

Stroke merupakan penyebab utama kecacatan usia 45 tahun ke atas. Derajat Keparahan stroke sangat bervariasi. Sebagian pasien masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mandiri. 

Menurut  Laporan SKI 2023, angkaprevalensi stroke >41% Menyerang pasien umur 75 tahun. Namun cukup besar pula jumlah pasien yang mengalami gejala berat sehingga butuh bantuan untuk melakukan berbagai aktivitas.  

Untuk itu diperlukan dukungan keluarga  saat pasien membutuhkan pertolongan dan membantu melatih pasien  secara bertahap untuk mencapai kemandirian.

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/394/2019 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Stroke, Edukasi persiapan pasien dirumah adalah Edukasi untuk perawatan di rumah pada perawat dan keluarga: Pasien sebaiknya mendapat edukasi dan saran terkait stroke serta kemungkinan komplikasi yang dapat disebabkan oleh stroke  Keluarga pasien stroke dilibatkan dalam membuat keputusan dan rencana terapi sesegera mungkin, jika dapat, dalam keseluruhan proses terapi. 

Perawat sebaiknya waspada terhadap stres pada keluarga / pengasuh dan secara spesifik menyadari stres berhubungan dengan kendala, seperti menurunnya fungsi kognitif, inkontinensia urin, dan perubahan kepribadian, dengan memberi semangat yang diperlukan. 

Perawatan akut di rumah sakit dan fasilitas rehabilitasi sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu memberikan informasi terbaru mengenai sumber-sumber komunitas pada tingkat lokal dan nasional, menyediakan informasi pada pasien stroke dan keluarga / pengasuh, dan menawarkan bantuan untuk memperoleh layanan yang dibutuhkan. 

Pasien dan pengasuh mendapatkan pandangan psikososial dan semangat secara reguler melalui pekerja sosial atau pekerja kesehatan yang sesuai untuk mengurangi stres pada pengasuh.  Dikutip dari RSUP Dr. Sardjito | Perawatan Pasien Stroke di Rumah dberikut  kegiatan yang dapat disiapkan disiapkan pasien stroke di rumah

Persiapan sebelum pasien pulang ke rumah

Setelah kondisi pasien stabil dan fase akut terlampaui, pasien masuk ke fase pemulihan. Pasien stroke membutuhkan penanganan yang komprehensif, termasuk upaya pemulihan dan rehabilitasi dalam jangka lama. 

Keluarga sangat berperan dalam fase pemulihan ini, sehingga sejak awal perawatan keluarga diharapkan terlibat penanganan pasien. Perencanaan pulang atau discharge planning dilakukan oleh dokter, perawat dan anggota tim stroke yang lain, dengan melibatkan pasien stroke dan keluarga jika memungkinkan. Proses perencanaan pulang dimulai sejak pasien masuk rumah sakit, termasuk edukasi kepada pasien dan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: