Pj Bupati Lahat Muhammad Farid Pesankan ini Kepada Pemudik

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid Pesankan ini Kepada Pemudik

PJ Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si pada saat pembukaan Gerakan Pangan Murah Kabupaten Lahat, senin 1 April 2024.-Foto Novri Yanto-lahatpos.co

Lahatpos.co - Dalam beberapa hari kedepan, Umat Muslim di seluruh dunia akan bertemu dengan Hari Raya Idulfitri 1445 H, Momentum Hari Raya Idulfitri biasanya akan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bersilaturahmi dan saling memaafkan, dan salah satu tradisi yang menjadi kultur di Indonesia adalah Mudik.

Sebagai informasi, Menurut situs Indonesia Baik oleh Kominfo, kepanjangan mudik adalah 'mulih dilik' yang artinya pulang sebentar, sedangkan Menurut Wikipedia, mudik diartikan sebagai kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamanya. 

Dalam hal ini, Penjabat (Pj) Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi berpesan kepada semua pemudik, Baik itu masih dalam wilayah Kabupaten Lahat maupun ke luar kota. 

Hal ini diungkapkanya pada saat pembukaan Gerakan Pangan Murah Kabupaten Lahat, senin 1 April 2024.

" Kami pesan kepada semua masyarakat yang akan melakukan mudik atau pulang kampung pada Idul Fitri 1445 H ini, untuk tetap berhati-hati," Ujarnya 

Sedangkan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi atau rental, dia juga mengingatkan agar sebelum berangkat hendaknya memeriksa kembali kondisi kendaraan yang akan digunakan. Seperti ban, rem, kemudi dan bagian kendaraan lainya.

“Lengkapi surat-surat kendaraan sebelum berangkat. Istirahatlah apabila merasa lelah dan mengantuk di tempat yang aman dan ramai. Berkendaralah dengan hati-hati dan waspada karena arus lalu lintas diperkirakan padat,” imbuhnya.

Selain itu, Pj Bupati Lahat Juga berpesan, saat mudik apabila rumahnya tak ada yang menunggu, pesannya, selain jangan lupa memberi tahu tetangga, juga hendaknya dapat meninggalkan nomor HP dan telepon kepada tetangga yang tak bepergian atau ke ketua RT/RW setempat.

“Sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa dihubungi dengan cepat,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co