Muslim Baca Ini, Selain Dapat Pahala, Berikut Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Kesehatan

Muslim Baca Ini, Selain Dapat Pahala, Berikut Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Kesehatan

foto Hanya ilustrasi-Sumber Foto : Google-LAHATPOS.CO

Lahatpos.Co - Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Kesehatan.

Bagi Seluruh Umat Islam, Puasa Ramadhan merupakan wajib hukumnya, kandungan amalan yang akan kita dapat pada buan Puasa Ramadhan akan digandakan berkali kali lipat oleh Allah SWT.

Namun selain ternyata ada manfaat luar biasa yang kita rasakan ketika berpuasa, salah satunya kesehatan, mau tauh ada apa saja ? berikut informasi lengkapn ya.

1. Mencegah Kanker

Manfaat pertama dari puasa adalah dapat mengurangi radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kanker. Melansir dari berbagai sumber ,puasa dari pagi hingga matahari terbenam dapat mengurangi stres oksidatif.

Hal ini terjadi karena gen antioksidan meningkat selama berpuasa.

Sebagai informasi, stres oksidatif adalah kondisi ketika radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Dengan berpuasa, kelebihan radikal bebas tersebut dapat dikendalikan.

. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa, kita juga bisa mencegah berbagai penyakit karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bagaimana caranya?

Menurut penelitian yang dipublikasikan Frontiers in Nutrition, berpuasa setidaknya tiga hari saja, dapat membuat tubuh memproduksi sel darah putih baru. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

3. Mencegah Diabetes

Untuk mencegah diabetes, kita harus menerapkan pola hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan berpuasa.

Mengutip Healthline, berpuasa dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kita terhindar dari diabetes.

Dalam sebuah studi juga disebutkan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin. Hal ini akan membuat tubuh mengirim glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh secara lebih efisien.

4. Mencegah Serangan Jantung

Bagi Anda yang khawatir dengan kesehatan jantung, ada baiknya berpuasa.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang diikuti oleh orang dewasa yang obesitas.

Setelah berpuasa, para responden mengalami penurunan tekanan darah, tingkat trigliserida, dan kolesterol jahat. Ketiga hal inilah yang perlu dijaga supaya kita tidak mengalami penyakit jantung.

Sementara studi lainnya membuktikan, berpuasa dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

5. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik untuk Anda yang punya masalah berat badan. Ternyata, berpuasa juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Seperti kita tahu, tubuh menggunakan glukosa sebagai energi untuk beraktivitas. Nah, saat berpuasa, asupan makanan jadi lebih sedikit, sehingga glukosa dalam tubuh bisa saja menurun. Kondisi ini akan merangsang hormon untuk memecah glikogen menjadi glukosa.

Saat itu terjadi, tubuh akan menggunakan lemak dan otot sebagai sumber energi. Karena lemak terbakar, berat badan tubuh Anda pun dapat berkurang.

Meski begitu, Sahabat MIKA juga harus mempraktikkan pola makan yang sehat agar program penurunan berat badan aman.

6. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Alzheimer

Studi membuktikan, berpuasa dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Selain itu, karena membantu meredakan peradangan, puasa juga dapat mencegah gangguan neurodegeneratif, Studi ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi sejauh mana puasa efektif dalam meningkatkan fungsi otak.

7. Mencegah Peradangan

Infeksi atau paparan kuman bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh. Selain itu, peradangan dalam tubuh juga dapat memicu penyakit lainnya, semisal serangan jantung, kanker, dan artritis reumatoid.

Menurut beberapa penelitian, ternyata puasa dapat menurunkan peradangan, sehingga bisa membantu untuk mengatasi kondisi peradangan kronis. Misalnya saja pada orang yang mengidap multiple sclerosis.

8. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain meningkatkan kesehatan fisik, puasa juga ternyata dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. 

Studi yang dilakukan dalam konteks puasa Ramadan menemukan, berpuasa bisa mengurangi kecemasan, depresi, dan stres. Selain itu, berpuasa juga membuat orang berdamai dengan dirinya dan meningkatkan relasi sosial dengan orang lain.

Itulah sejumlah manfaat puasa untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co