Tanya Jawab Puasa, dari Belum Mandi Besar, Lupa Niat Puasa, hingga Berhubungan Badan Setelah Niat Puasa

Tanya Jawab Puasa, dari Belum Mandi Besar, Lupa Niat Puasa, hingga Berhubungan Badan Setelah Niat Puasa

Tanya jawab puasa, dari belum mandi besar, lupa niat puasa, hingga berhubungan badan setelah niat puasa.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Tanya jawab puasa, dari belum mandi besar, lupa niat puasa, hingga berhubungan badan setelah niat puasa. Pengetahuan seputar puasa sangat penting kita ketahui. Supaya ibadah puasa kita sah dan khusyuk dalam menjalankannya.

Dikutip dari Fiqh Puasa & Zakat Fitrah, btanya jawab puasa, belum mandi besar, lupa niat puasa, berhubungan badan setelah niat puasa

 

erikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban seputar yang berkaitan ibadah puasa. Pertanyaan inilah yang sering ditanyakan oleh masyarakat.

Tanya Jawab Puasa

1. Belum Mandi Besar Saat Subuh

Apakah sah puasanya orang junub yang ketika subuh tiba ia belum mandi besar?

Jawaban: Sah.

“Ulama sepakat, puasa sah bagi orang junub. Baik sebab mimpi basah atau hubungan badan. Pendapat ini dikemukakan oleh mayoritas sahabat dan tabi’in”.

2. Solusi Lupa Niat Puasa

Seringkali orang lupa niat puasa Ramadlan pada malam hari. Apakah ada solusi agar puasa orang yang lupa niat tetap sah?

Jawaban: Ada, yakni dengan cara niat puasa satu bulan penuh di awal Ramadlan mengikuti mazhab Imam Malik. Atau juga bisa niat di pagi hari dengan niat mengikuti mazhab Imam Abu Hanifah.

“Al-Ziyadi berkata, “Jika seorang niat puasa satu bulan pada awal malam Ramadlan, maka yang sah hanya hari pertama saja. Tetapi hal itu sebaiknya dilakukan, agar puasa pada hari yang lupa diniati tetap sah menurut Imam Malik. Sebagaimana sunah niat pada pagi hari yang lupa diniati, agar puasa tetap sah menurut Imam Abu Hanifah.

Semua itu sah jika taklid (ikut) pada kedua imam tersebut. Jika tidak, maka ia melakukan ibadah yang tidak sah dalam keyakinannya, dan itu hukumnya haram.”

3. Berhubungan Badan Setelah Niat Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: