Asam Urat Pasti Nyerah, Rekomendasi Obat Atasi Asam Urat Yang Paling Manjur

Asam Urat Pasti Nyerah, Rekomendasi Obat Atasi Asam Urat Yang Paling Manjur

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – salah satu penyakit yang cukup mengganggu aktifitas kita sehari hari adalah asam urat, meski kerap diabaikan, gejala asam urat sebenarnya sudah bisa di deteksi sejak dini, terlebih dengan menerapkan pola hidup sehat, asam urat tidak akan menghampirimu.

Nah seperti yang kita bahas kali ini, untuk mengatasi asam urat, kamu bisa coba deretan obat alami berikut ini.

1. Jahe

 Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi berbagai keluhan, termasuk asam urat. Pasalnya, jahe memiliki kandungan zat gingerdione, gingerol, dan zingeron yang bersifat antiradang dan berkhasiat mengurangi pembengkakan serta nyeri sendi akibat asam urat.

Untuk menggunakan jahe sebagai obat asam urat alami, cukup campurkan 1 sdm jahe parut ke dalam air hangat, lalu rendam kain di dalamnya. Gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian tubuh yang mengalami gejala asam urat selama 15–30 menit.

Selain itu, gejala nyeri akibat asam urat juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi teh jahe sebanyak 2–3 gelas per hari.

 

 

 

2. Kopi

Kopi menjadi salah satu obat asam urat alami karena diperkaya dengan kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang bisa meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan melancarkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Berkat kemampuan tersebut, kopi dapat mencegah endapan asam urat yang berisiko merusak tulang dan sendi.Namun, menggunakan kopi sebagai obat asam urat alami tidak disarankan bagi penderita penyakit asam lambung (GERD). Pasalnya, kopi dapat memicu kenaikan asam lambung dan meningkatkan risiko kambuhnya gejala GERD.

 

3. Vitamin C dari Buah dan Sayur

Cara alami mengatasi asam urat berikutnya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Nutrisi ini diketahui dapat membantu menurunkan asam urat yang tinggi. Adapun beberapa buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat, antara lain jeruk, jambu, mangga, nanas, dan kiwi.

Sementara itu, sejumlah sayuran yang mengandung vitamin C dan baik dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah brokoli, kembang kol, paprika, dan cabai.

Di samping memperbanyak asupan vitamin C dari buah dan sayur sebagai obat asam urat alami, penderita juga dianjurkan untuk menghindari sejumlah makanan pantangan asam urat, seperti jeroan, daging merah, makanan laut, minuman beralkohol dan tinggi gula, serta makanan yang mengandung ragi.

 

4. Kunyit

 Bukan hanya sekadar bumbu dapur, namun kunyit juga memiliki kandungan senyawa kimia antiradang bernama curcumin yang dapat menjadi obat alami untuk asam urat.

Namun, pada beberapa kasus, kunyit diketahui dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti meningkatkan produksi asam lambung, diare, batu ginjal, sakit kepala, dan efek lainnya. Jadi, penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan dan dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit.

 

 

 

5. Biji Seledri

 Biji seledri disebut sebagai salah satu obat asam urat alami karena ekstraknya diketahui mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sendi akibat peradangan pada penyakit asam urat.

Senyawa flavonoid pada seledri terbukti menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine. Khasiat ini didapatkan dari zat aktifnya yakni iridoid glikosida dan flavonoid.

Selain itu, biji seledri juga mengandung berbagai senyawa aktif, di antaranya luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB) yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan mengontrol produksi asam urat, sehingga dapat menurunkan asam urat. Meski begitu, khasiat biji seledri sebagai obat asam urat alami masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Cuka Apel

Keasaman cuka apel diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi, termasuk yang disebabkan oleh asam urat. Selain itu, cuka apel dapat mencegah penumpukan asam urat (uric acid) dengan cara meningkatkan alkalinitas (kebasaan) dan pembuangan asam urat dari dalam tubuh.

Untuk mengonsumsi cuka apel sebagai obat asam urat alami, penderita dapat mengonsumsi 2 sdm cuka apel sebanyak tiga kali dalam sehari. Jika ingin mengurangi tingkat keasamannya, campurkan cuka apel dengan madu yang juga memiliki sifat antiinflamasi.

Namun, berhati-hatilah saat mengonsumsi cuka apel karena keasamannya berpotensi mengikis jaringan kerongkongan dan enamel gigi. Selain itu, cuka apel juga mempunyai interaksi negatif dengan sejumlah obat salah satunya adalah obat diabetes. Jadi, akan lebih baik jika penderita asam urat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai konsumsi cuka apel.

 

7. Tanaman Jelatang

 Tanaman jelatang atau urtica dioica merupakan sejenis tanaman herbal yang diyakini bisa menjadi obat alami untuk asam urat. Tanaman ini diketahui mengandung zat antiradang yang disebut dengan hox alpha.

Zat tersebut mampu menekan pelepasan sitokin yang memicu peradangan pada sendi. Tanaman jelatang juga diperkaya dengan kalium, kalsium, dan magnesium yang bisa digunakan untuk meredakan gejala asam urat secara alami.

Untuk memperoleh manfaat jelatang tersebut, penderita dapat mengonsumsi ekstrak tanaman jelatang yang tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, atau teh. Adapun dosis  kapsul atau tablet jelatang yang dianjurkan adalah 1300 mg. Sedangkan dosis untuk teh adalah tiga kali sehari sebanyak satu cangkir per kali minum.

Jelatang juga bisa digunakan dengan cara menempelkan daunnya langsung ke area sendi yang terdampak asam urat guna mengurangi peradangan. Sehingga dapat menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi asam urat.

 

8. Meniran Hijau

Meniran hijau merupakan obat herbal yang populer akan khasiatnya dalam mengatasi batu ginjal dan batu empedu. Namun, manfaat meniran hijau ternyata tak sebatas itu saja. Tanaman herbal ini juga bisa dijadikan salah satu obat asam urat alami.

Meniran hijau diyakini dapat menghambat produksi asam urat berlebih di dalam tubuh, serta memecah dan membersihkan endapan asam urat. Alhasil, serangan asam urat dapat dihindari. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat meniran hijau yang satu ini, sehingga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

 

 

 

9. Kepel

 Kepel memiliki khasiat menurunkan kadar asam urat dalam darah, sehingga menjadi salah satu obat asam urat alami. Efek ini telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada hewan dengan kondisi hyperuricemia dan efektivitas kepel dibandingkan dengan kelompok hewan yang menerima pengobatan allopurinol. Hasilnya menunjukkan bahwa kepel memiliki potensi yang sama dengan allopurinol dalam menurunkan kadar asam urat.

 

 

 

10. Secang

 Obat asam urat alami selanjutnya adalah Secang. Tanaman ini memiliki efek menurunkan kadar asam urat. Ekstrak etanol kayu secang menunjukkan efek penurunan kadar asam urat melalui mekanisme penghambatan enzym xantin oksidase meskipun bahan alami ini dinilai tidak lebih efektif dari allopurinol.

 

 

 

11. Cabai Jawa

Cabai jawa bisa menjadi salah satu obat alami untuk menurunkan gejala asam urat, karena memiliki efek analgesik, sehingga tanaman ini sudah banyak digunakan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh deposit kristal asam urat. Selain itu cabe jawa juga memiliki efek anti inflamasi sehingga bermanfaat bagi orang dengan hyperuricemia.

 

 

 

12. Air Putih

Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan terhindar dari dehidrasi, air putih juga dapat membantu membuang asam urat berlebih dalam tubuh. Dengan memperbanyak minum air, maka tubuh dapat menghasilkan lebih banyak urine. Alhasil, jumlah asam urat yang terbuang pun juga bisa lebih banyak

selain itu, minum banyak air juga dapat mengurangi gejala asam urat, seperti pembengkakan dan peradangan. Hal ini dikarenakan konsumsi air dapat memicu ginjal mengeluarkan cairan berlebih dari dalam tubuh, sehingga pembengkakan berkurang.

 

Itulah beberapa rekomendasi obat asam urat alami yang dapat dicoba untuk membantu mengendalikan gejala dan mendukung proses pemulihan. Penggunaanya dapat dikombinasikan dengan herbal lainnya yang memiliki efek berbeda. Misalnya herbal dengan efek penurun kadar asam urat dikombinasikan dengan herbal yang memiliki efek analgesik.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co