Penjelasan Kepala Desa Terkait Jumlah Penerima Bantuan Ekstrim Desa Suka Marga Tahun 2024

Penjelasan Kepala Desa Terkait Jumlah Penerima Bantuan Ekstrim Desa Suka Marga Tahun 2024

Musdesus desa Suka Marga Kecamatan Merapi barat Kabupaten Lahat --

LAHATPOS.CO, Merapi barat  - Pemerintah Desa Suka Marga bersama BPD,  dan lembaga desa tetapkan jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai ( BLT-DD) ditahun 2024 berjumlah 10 persen dari pagu Dana Desa.

Hasil ini merupakan kesepakatan antara pemerintah desa Suka Marga bersama BPD, LPM, tokoh masyarakat yang dilaksanakan dalam Musyawarah Desa Khusus ( Musdesus Penetapan penerima BLT-DD tahun 2024) yang dilaksanakan di gedung serbaguna Desa Suka Marga Kecamatan Merapi barat Senin 5 Februari 2024.

Kepala Desa Suka Marga Rislansyah mengatakan, Kesepakatan hasil penetapan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk rahun 2024 ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama dalam Musdes Khusus BLT-DD.

"Untuk jumlah penerima BLT-DD tahun 2024 ini sebesar 10 persen dari Pagu Dana Desa dan jika dikalkulasi berjumlah 18 KPM yang berkurang  27 KPM dari jumlah KPM tahun 2023 lalu yang berjumlah 45 KPM".

Rislan mengaku bahwa data 18 KPM ini memang masih belum final dan masih akan di verifikasi kembali oleh BPD bersama pemerintah desa dan Data tersebut bisa dialihkan namun tidak keluar dari jumlah data penerima yang ada"

Menurut Rislan hasil kesepakatan ini memang untuk kebaikan bersama terutama untuk kebaikan pembangunan desa, dan kami berharap bagi penerima BLT-DD Desa Suka Marga tahun 2023 lalu yang pada tahun 2024 ini tidak lagi mendapatkan bantuan untuk tidak berkecil hati karena bantuan ini merupakan bantuan untuk percepatan penanganan kemiskinan ekstrim.

Dikatakan Rislan kesepakatan yang diambil sebesar 10 persen ini adalah kesepakatan bersama antara pemerintah desa dan lembaga desa dengan berpedoman pada juknis dari pemerintah pusat yang diharuskan menyalurkan BLT-DD kepada warga dan diberikan kepada warga yang memang benar-benar membutuhkan" ujarnya.

Hadir juga Camat Merapi barat yang diwakili Sekcam Dahrifagustian SP.MM dan staf, Pendamping desa, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: