Trik Ampuh Atasi Gejala Flu dengan Tanaman Herbal Berikut ini, Badan Fit dan Kembali Segar

Trik Ampuh Atasi Gejala Flu dengan Tanaman Herbal Berikut ini, Badan Fit dan Kembali Segar

Rosemary-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – Januari 2024 sebagian wilayah di Indonesia masih merasakan curah hujan cukup tinggi, ragam penyakit yang muncul di musim hujan salah satunya gejala flu.

Salah satu penyakit langganan yang sewaktu waktu bisa muncul dengan sendirinya, meski banyak cara yang dapat dilakukan dalam menghadapin gejala flu seperti ke dokter, minum obat dan lain sebagainya.

Namun kamu wajib coba nih , Trik Ampuh Atasi Gejala Flu dengan Tanaman Herbal.

Melansir dar berbagai sumeber, tanaman herbal ini dapat memberikan kamu sensasi nyaman untuk menghadapai gejala flu, seperti hidung tersumbat, pusing, dan badan terasa lemas bisa diatasi dengan tanaman herbal berikut ini.

Penasaran kan, simak informasi selengkapnya disini.

1. Daun Kemangi  

Menurut sebuah penelitian, kemangi atau basil dapat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti batuk, pilek, demam, asma, radang sendi, dan masalah mata.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkannya pada teh atau minuman panas, atau menyantapnya sebagai lalapan.

2. Oregano

Oregano merupakan tanaman herbal beraroma, yang tidak hanya digunakan dalam masakan seperti pasta atau pizza, tetapi juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan flu, demam ringan, batuk, dan pilek.

Tidak hanya itu, oregano dapat membantu meredakan otot kaku, serta gejala dada sesak.

3. Peppermint

Peppermint sering digunakan sebagai teh herbal untuk mengatasi pilek, batuk, dan hidung tersumbat. Kemampuannya mendinginkan selaput lendir menjadikannya efektif sebagai dekongestan.

4. Thyme

Minyak esensial dari daun thyme telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan batuk. Kombinasi ivy dan thyme, seperti yang disarankan oleh penelitian, dapat membantu meredakan bronkitis akut dan batuk.

5. Marjoram

Marjoram memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan yang digunakan untuk mengatasi infeksi, batuk, dan pilek.

6. Daun sirih

Aroma pedas dari daun sirih efektif untuk meredakan batuk dan pilek, serta bermanfaat untuk mengatasi paru-paru tersumbat, asma, dan penyakit dada.

Anda dapat mengoleskan sedikit minyak mustard pada daun sirih dan menempelkannya di dada untuk meredakan hidung tersumbat.

7. Sage

Sage mengandung sifat antibakteri, antiseptik, dan astringen yang efektif untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan radang mulut.

Buatlah teh aromatik dengan daun sage segar atau kering untuk mendapatkan obat yang menenangkan pilek dan hidung tersumbat.

8. Chamomile

Meminum teh chamomile atau menghirup uapnya sangat efektif untuk meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan pilek. Hal ini dikarenakan chamomile mengandung sifat antispasmodik dan antioksidannya yang berkontribusi pada perbaikan jaringan.

9. Rosemary

Rosemary kaya akan antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah penyakit selama musim hujan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menyertakan rosemary dalam makanan harian atau seduh beberapa daun rosemary ke dalam teh.

10. Serai

Sereh atau serai memiliki sifat antiradang dan antijamur yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Cara memperoleh manfaatnya, Anda dapat menyeduh beberapa lembar daun serai segar dan parutan jahe dalam air mendidih.

Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co