Bunda Wajib Baca, Berikut Tips Menjaga kesehatan Anak Ketika Musim Hujan

Bunda Wajib Baca, Berikut Tips Menjaga kesehatan Anak Ketika Musim Hujan

foto Hanya ilustrasi-Sumber Foto : Google-LAHATPOS.CO

Lahatpos.co – memasuki bulan desember biasanya indonesia akanmemasuki cuaca musim dingin, bahkan hujan akan sering menghampiri hari hari kita.

Biasanya juga ketika pergantian musim, kesehatan tubuh akan sedikit menurun terutama anak anak, nah melansir dari berbagai sumber Berikut Tips Menjaga kesehatan Anak Ketika Musim Hujan yang bisa kamu terapkan.

Kenakan pakaian yang tepat
Cuaca cenderung berubah drastis pada Musim Hujan. Siang hari mungkin panas dan lembap, sedangkan di malam hari bisa terasa dingin.

Untuk itu, disarankan mengenakan pakaian yang lembut dan ringan lebih pada siang hari dan lapisan pakaian ekstra berlengan penuh akan membuat anak-anak tetap hangat pada malam hari. Pastikan anak mengenakan pakaian, kaus kaki, dan alas kaki yang bersih.

Membawa payung dan jas hujan
Saat Musim Hujan tiba sebaiknya tidak lupa untuk membawa jas hujan dan payung ketika mereka keluar rumah. Apabila anak-anak terkena hujan, sebaiknya segera mengganti pakaian yang bersih dan kering begitu tiba di rumah.

Cuci tangan
Ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun secara teratur, terutama sebelum makan dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Cara ini akan membantu mencegah penyebaran kuman dan infeksi.

Makanan bergizi
Berikan makanan bergizi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu melawan penyakit saat Musim Hujan.

Sertakan buah bit dalam makanan anak Anda, karena bit mengandung antioksidan dan dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Asupan cairan yang cukup
Pastikan anak Anda mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air membantu melarutkan racun dan menjaga kelembapan tubuh.

Vaksinasi
Jangan lewatkan suntikan vaksinasi rutin anak Anda. Vaksin dapat melindungi mereka dari beberapa penyakit menular yang umum terjadi selama Musim Hujan, seperti influenza. Penting juga untuk menjauhkan anak dari orang tua atau kerabat yang sedang sakit.

Hindari genangan air
Minta anak Anda untuk menghindari genangan air dan lumpur. Genangan air dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Jaga kebersihan lingkungan
Pastikan lingkungan sekitar anak tetap bersih dan kering. Hindari penumpukan sampah atau genangan air yang dapat menjadi sarang penyakit.

Lantai rumah juga harus dibersihkan minimal dua kali selama Musim Hujan. Tambahkan beberapa pembersih lantai dengan cairan antiseptik ke dalam air saat membersihkan lantai.

Istirahat yang cukup
Pastikan anak Anda juga mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang baik akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.

Lindungi anak-anak dari nyamuk
Nyamuk berkembang biak di Musim Hujan yang membuat anak-anak rentan terhadap infeksi berbahaya, seperti demam berdarah dan malaria akibat gigitan nyamuk.

Gunakan krim pengusir nyamuk yang aman untuk anak agar terhindar dari gigitan nyamuk.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co