Kamu Wajib Tauh, Sejarah Unik Olahan Tempoyak Dengan Sensasi yang bikin Ketagihan

Kamu Wajib Tauh, Sejarah Unik Olahan Tempoyak Dengan Sensasi yang bikin Ketagihan

Olahan gulai tempoyak-Ist-Lahatposco

Lahatpos.co - untuk kamu yang mau plesiran ke Kabupaten Lahat, wajib banget nih untuk icip icip yang namanya kuliner tempoyak.

Cita rasa unik yang akan kamu rasakan dari kuliner khas Sumatera membuat kamu ketagihan untuk mencobanya.

Sensasi asam manis akan pecah dimulut kamu ketika pertama kali kamu mencobanya.

Makanan ini dikatakan unik karena terbuat dari fermentasi daging durian. Di Lampung, tempoyak biasanya dipadukan dengan sambal cabai. 

 

tempoyak adalah makanan yang di konsumsi bersama nasi. Jika di padukan dengan sambal akan menjadi sambal tempoyak, perpaduan dari keduanya itulah yang menciptakan rasa unik yang dirasakan ketika menyantapnya. 


Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah tempoyak yang dilansir dari Berbagai sumber.

tempoyak tidak bisa di pisahkan dari proses fermentasi, masyarakat Sumatera sudah mempercayai bahwa tehnik fermentasi sejak zaman nenek moyang. Persediaan buah durian yang melimpah membuat nenek moyang kita berfikir bagaimana caranya buah tersebut menjadi makanan yang awet dan tentunya tahan lama, kemudian terciptalah tempoyak yang di simpan dalam guci dan di tutup rapat selama 3-5 hari yang di campur menggunakan sedikit garam.
Cita rasa tempoyak yaitu asam, karena terjadinya proses fermentasi pada bagian daging buah durian. tempoyak menjadi salah satu makanan khas yang terkenal di Palembang, Kabupaten Lahat, Jambi, Bengkulu bahkan terkenal di Malaysia. Di Kabupaten Lahat sendiri, olahan tempoyak bisa kamu nikmati sebagai gulai wajib yang selalu ada di setiap rumah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co