Bappeda Litbang Empat Lawang Gelar Seminar Hasil Kajian Penelitian Inovasi Daerah

Bappeda Litbang Empat Lawang Gelar Seminar Hasil Kajian Penelitian Inovasi Daerah

Suasana Seminar Hasil Kajian Penelitian Inovasi Daerah, di ruang rapat Bappeda Litbang Empat Lawang, Jum'at (29/9/2023).--

EMPAT LAWANG,LAHATPOS.CO - Bappeda dan Litbang Kabupaten EMPAT LAWANG, gelar seminar Hasil Kajian Penelitian Inovasi Daerah, kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasan dibidang teknologi dan inovasi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, bahwa inovasi daerah bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan seluruh perangkat daerah melaporkan pelaksanaan inovasi untuk menjadi penilaian indeks inovasi daerah (IID) Kabupaten Empat Lawang. 

Saat ini Progres indeks inovasi daerah Kabupaten Empat Lawang, menunjukan tren meningkat tetapi belum optimal.

Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Empat Lawang Hj Happy Sapriani melalui Asisten II Rapani, mengatkan, inovasi adalah ide, gagasan, pemikiran, terobosan, melakukan pembaharuan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang dinamis diera globalisas saat ini.

"Perangkat daerah diharapkan dapat menangkap isu yang menjadi permasalahan dalam bekerja, serta merencanakan dan menerapkan inovasi budaya kerja. Agar tercapai target kinerja yang ditetapkan bersama," kata Rapani, saat membuka seminar hasil kajian penelitian inovasi daerah, di ruang rapat Bappeda dan Litbang Empat Lawang, Jum'at (29/9/2023).

Dirinya lanjut Rapani, mengajak seluruh perangkat daerah serta UPTD kesehatan, untuk bersama-sama satu pemahaman terhadap kematangan inovasi diselurun sektor atau urusan.

"Mari kita bekerja bersama serta bersinergi dalam perencanaan pembangunan, riset dan inovasi daerah," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Empat Lawang H Indera Supawai, menambahkan, saat ini Bappeda dan Litbang belum memiliki fungsional penelitian. 

"Maka dari itu, kita perlu kerjasama dalam melakukan penelitian ilmiah, agar mampu melihat lebih dalam kelemahan apa yang dimiliki. Serta apa yang perlu diperbaiki," ungkapnya.

Melalui kajian aktual yang disusun saat ini ditambahkan Indera Supawi, bertujuan untuk mengetahui gambaran inisiatif inovasi di Kabupaten Empat Lawang. Dan urgensi pembentukan Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA).

"Mari kita simak bersama pemaparan hasil kajian oleh tenaga ahli, memberikan saran masukan. Serta bersinergi dalam perencanaan pembangunan, riset dan inovasi daerah," ucapnya. (01)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: