Pesta Rakyat Muji Benih di Kebun Jati Kota Agung

Pesta Rakyat Muji Benih di Kebun Jati Kota Agung

Ada rolling jabatan pejabat administrasi dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, salah satu rencana kegiatan Pemerintah Kabupaten Lahat hari ini.--

LAHAT, Lahatpos.co - Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM dijadwalkan akan menghadiri acara Pesta Rakyat Muji Benih di Desa Kebun Jati Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat.

Berdasarkan rencana kegiatan Pemerintah Kabupaten Lahat Rabu 20 September 2023, Pesta Rakyat Muji Benih akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM akan didampingi Kadis PMD, Kepala Balitbang, Kadis DKP, dan sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemda Lahat.

Sementara, jam 09.00 WIB, rencana kegiatan Pemerintah Kabupaten Lahat berikutnya adalah Sosialisasi dan Rapat Pembentukan APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia) Kabupaten Lahat tahun 2023.

Acara ini akan dipimpin Bupati Lahat H Cik Ujang SH yang diwakilkan kepada Sekda Lahat Chandra SH MM.

Untuk acara Pesta Rakyat Muji Benih sebetulnya sudah dijadwalkan pada Oktober 2023. Namun dapat terlaksana pada bulan September 2023.

Pesta Rakyat Muji Benih diikuti oleh warga dari tiga desa. Yakni Desa Kebun Jati, Tanjung Raman, dan Bintuhan Kecamatan Kota Agung, Lahat.

Sebelumnya, warga tiga desa yang terdiri Kebun Jati, Tanjung Raman dan Bintuhan menggelar Musyawarah Desa persiapan gelar Perayaan pesta adat yang disebut masyarakat setempat Muji Benih. Muji Benih.

Muji Benih salah satu kearifan lokal yang masih dipertahankan oleh warga setempat hingga di era modern.

Muji benih adalah mengagungkan kekuasaan Tuhan yang memberikan rezekinya kepada manusia berupa beras dari biji padi yang menjadi makanan pokok.

Muji benih juga sebagai bukti kita menghargai dan menghormati nenek moyang yang pertama sekali memberikan benih padi sebagai sumber bahan pangan.

Muji benih mengeratkan kembali hubungan tiga desa yang memang mulanya berasal dari satu desa.

Kepala Desa Kebun Jati Supransyah membenarkan akan diadakannya Pesta Adat Muji Benih.

“Ya benar, rencananya pesta adat Muji Benih,” ungkap Supransyah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: