Ini Pentingnya Sertifikat Elektronik Bagi Pemerintah Kabupaten Lahat

Ini Pentingnya Sertifikat Elektronik Bagi Pemerintah Kabupaten Lahat

Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat menggelar sosialisasi elektronik di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lahat Tahun 2023.--

LAHAT, Lahatpos.co - Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat menggelar sosialisasi elektronik di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lahat Tahun 2023. Melalui pemanfaatan sertifikasi elektronik (Tanda Tangan Elektronik) menjamin aspek keamanan informasi dan kepastian hukum pada dokumen dalam transaksi elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat. 

Acara ini bertempat di Ruang Ops Room Pemerintah Kabupaten Lahat, Senin, 11 September 2023.

Rapat dipimpin Bupati Lahat H Cik Ujang SH yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Lahat Chandra SH MM, yang dihadiri oleh Asisten I, Narasumber, Kepala Dinas Kominfo Lahat H Rudi Darma Setiawan SE MM, Kepala OPD terkait dan tamu sesuai undangan. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Lahat H Rudi Darma Setiawan SE MM menyampaikan, maksud dan tujuan sertifikat elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertifikat elektronik

BACA JUGA:Download Aplikasi CashWin, Dapatkan Saldo DANA Hingga Rp 175 Ribu, Simak Tipsnya

"Sertifikat elektronik bertujuan untuk meningkatkan kinerja tata kelola teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, meningkatkan kesadaran keamanan komunikasi dan upaya pengamanan informasi yang terdapat pada setiap aplikasi atau sistem informasi yang tersebar di masing-masing perangkat daerah. 

Dirinya menambahkan, waktu pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan launching sertifikat elektronik ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 11 September 2023 di gedung Ops Room Pemerintah Kabupaten Lahat. 

"Peserta sosialisasi ini berasal dari kepala OPD dan kepala bagian di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat, narasumber berasal dari Balai sertifikat elektronik badan cyber dan Sandi Negara," sampainya.

Sementara Bupati Lahat H Cik Ujang SH yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Lahat Chandra SH MM menjelaskan, diselenggarakan kegiatan sosialisasi dan launching sertifikat elektronik dalam rangka pengamanan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat agar perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta pemanfaatan yang sedemikian cepat memasuk ke dalam setiap proses penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah. 

BACA JUGA:Senin Auto Bahagia, Klaim Saldo DANA Gratis Rp 100 Ribu Melalui Link ini

Salah satu indikator yang dapat diketahui dengan jelas adalah penambahan jumlah atau jenis aplikasi sistem informasi yang dibangun di masing-masing perangkat daerah bertambah setiap waktunya tentunya. 

"Saya berharap Pemerintah Kabupaten Lahat dapat memanfaatkan sertifikat elektronik dimaksud untuk meningkatkan kinerja serta kelola teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat, serta mendukung sistem pemerintah berbasis elektronik," ungkapnya. 

Sekda juga berharap perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat dapat meningkatkan kesadaran keamanan komunikasi dan upaya pengamalan informasi yang terdapat pada setiap aplikasi atau sistem informasi yang tersebar di masing-masing perangkat daerah dan menjadi penyelenggara sertifikasi elektronik yang andal profesional inovatif dan berintegritas cepat serta sesuai dengan perencanaan dalam. 

"Atas nama pemerintah Kabupaten Lahat Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai sertifikasi elektronik badan cyber dan Sandi Negara yang dapat hadir dan menjadi narasumber di acara sosialisasi dan launching sertifikasi elektronik tanda tangan elektronik," tutup Sekda.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: