Kisah Heroik Pahlawan Asal Kabupaten Lahat yang tewas terkena Mortir demi Kemerdekaan Indonesia

Kisah Heroik Pahlawan Asal Kabupaten Lahat yang tewas terkena Mortir demi Kemerdekaan Indonesia

Ilustrasi peperangan -Foto ilustrasi-Lahatposco

Lahatpos.co - Banyak kisah mengenai kehebatan Para Pahlawan Nasional Republik Indonesia dalam perjuanganya merebut kemerdekaan

Di kabupaten Lahat sendiri Nama Letnan Amir Hamzah sudah sangat terpatri di benak masyarakat, kisah yang membuat kita bangga dengan kegigihanya dalam mempertahankan negara Kesatuan Republik Indonesia meskipun harus tewas terkena peluru Tentara Inggris. 

Letnan (Anumerta) Amir Hamzah, merupakan prajurit perang asuhan Jenderal A.K Gani yang gugur saat perang lima hari lima malam karena terkena mortir saat melawan tentara Inggris di Palembang pada tahun 1946.

Letnan satu (Lettu) Amir Hamzah, merupakan pahlawan Indonesia dari Manggul, Kabupaten Lahat, 

"Letnan Amir Hamzah gugur dalam peperangan melawan Inggris dalam pertempuran 5 hari 5 malam terkena pecahan mortir, meninggalkan seorang istri bernama Zaudah . 

Sampai saat ini bukti ontentik dari Letnan Amir Hamzah masih bisa kita lihat museum Ak. Gani Palembang, antara lain Ada topi baret, sarung tangan,tulisan barang milik Letnan Amir Hamzah yang diserahkan oleh pihak tentara untuk keluarga Letnan Amir Hamzah serta silsilah keluarga. 

Gugur di medan perang untuk memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Letnan Amir Hamzah kemudian dimakamkan di taman makam pahlawan Kabupaten Lahat. Untuk menghormati jasa Letnan perang ini, pemerintah mengabadikan nama Letnan Amir Hamzah sebagai jalan utama di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co